Optimalisasi Pembangunan Nasional di Era Persaingan Global dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Mandiri 2025

Download Materi Guest Lecture : Measures of Inequality and Their Applications in Indonesia
26 February 2018
Genjot Pajak, Menekan Utang
26 February 2018

       Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Nasional (KATULISTIWA) merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Dilatarbelakangi oleh ketanggapan atas terintegrasinya pembangunan nasional dengan pembangunan dalam bidang pendidikan yang diharapkan akan mewujudkan sumber daya manusia yang dapat bersaing secara pengetahuan, keahlian, dan keterampilan, serta dalam rangka penerapan salah satu isi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) turut berkontribusi dengan menyediakan forum yang kompetitif dan kondusif sebagai sarana bagi pengembangan diri mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dan wawasan ilmiah, yakni dengan menyelenggarakan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Nasional (KATULISTIWA) yang merupakan agenda tahunan dari Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME).

KATULISTIWA yang pada tahun ini telah memasuki tahun kesepuluh kembali menyediakan forum bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya melalui karya tulis ilmiah yang kemudian akan dipresentasikan dengan menyajikan terobosan dan pemecahan masalah yang terencana atas isu-isu terkini. Pelaksana KATULISTIWA 10 adalah anggota baru LSME Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang menjadi panitia pelaksana dan dibantu dengan anggota LSME Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya lainnya. Dengan mengusung tema besar “Optimalisasi Pembangunan Nasional di Era Persaingan Global dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Mandiri 2025”, KATULISTIWA 10 mengundang seluruh mahasiswa di Indonesia untuk berkompetisi mengembangkan ide-ide yang inovatif guna menyikapi isu-isu terkini melalui solusi yang tepat dan ketanggapan dalam pemecahan masalah sehingga mahasiswa akan lebih peka terhadap lingkungannya.

       Rangkaian acara KATULISTIWA 10 dilaksanakan secara bertahap mulai proses seleksi abstrak pada tanggal 7 Desember 2017 – 8 Februari 2018 dan telah menghasilkan 150 tim lolos abstrak yang berhak melanjutkan ke tahap full paper. Peserta yang lolos abstrak diberi

waktu untuk menyelesaikan dan mengumpulkan karya full paper mulai tanggal 16 Februari 2018 –  15 Maret 2018. Penyeleksian full paper dilakukan oleh juri yang berkompeten dan handal di bidangnya. Setelah melalui tahap seleksi, 15 tim terbaik berkesempatan untuk mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya pada tanggal 19-22 April 2018 di Universitas Brawijaya Malang.

       Pada hari pertama (19/4/2018), peserta akan tiba di Universitas Brawijaya Malang untuk melakukan registrasi dan technical meeting yang bertempat di Hotel Everyday Malang guna mengetahui penjelasan teknis acara dan penentuan nomor urut presentasi. Kemudian pada hari kedua (20/4/2018) di tempat yang sama, akan dilanjutkan dengan presentasi dan gala dinner oleh 15 tim. Masing-masing tim diberikan waktu 30 menit untuk presentasi yang meliputi sesi persiapan, presentasi, dan tanya jawab. Sementara gala dinner akan dilaksanakan pada malam harinya. Pada hari ketiga (21/4/2017), peserta akan melaksanakan field trip ke Jawa Timur Park 1, selain itu peserta juga diberi kesempatan untuk berbelanja di pusat oleh-oleh Malang. Pada hari yang terakhir (22/4/2018) akan dilaksanakan seminar nasional yang menghadirkan praktisi  pada hari ini pula dilakukan penutupan acara sebagai tanda bahwa KATULISTIWA 9 telah selesai.

       Melalui kegiatan ini diharapkan muncul banyak ide dari para pemuda Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan. Katulistiwa merupakan event yang memberikan wadah kepada mahassiswa seluruh Indoensia menyumbangkan ide ilmiah dan menulis untuk kemajuan bangsa.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan