Organization Training 2017: PASTI SERU (Profesional, Aspiratif, Interaktif, Etika, Semangat Perubahan)

Tim FEB UB Sabet Juara 1 dalam TEMILNAS XVI FoSSEI Yogyakarta
23 May 2017
Semar Esaay Competition Festival Ilmiah Mahasiswa 2017
24 May 2017

20170421032639

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang setiap tahunnya. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka akan mempengaruhi pola hidup dan pola pikir setiap manusia. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menjadikan sumber daya manusia semakin inovatif dan kreatif. Dengan sifat inovatif serta kreatif ini harapannya setiap manusia itu dapat memberikan pengaruh dan perubahan yang baik untuk masa yang akan datang. Karena dengan hal itu dapat menjadikan mahasiswa lebih aktif dan produktif kembali dalam memberikan manfaat terhadap lingkungan yang ada disekitarnya.

Organisasi adalah salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan skill ataupun kemampuan yang dimiliki. Dengan mengikuti organisasi, maka mahasiswa akan terbiasa untuk memiliki tanggung jawab yang tinggi serta bekerja dengan profesional. Oleh karena itu, berdasarkan rapat pengurus harian Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (HMJIE FEB UB) mengadakan kegiatan Organization Training (OT). Kegiatan OT adalah langkah awal mahasiswa untuk berorganisasi, berproses untuk mengembangkan softskill maupun hardskill, serta menanamkan kebiasaan untuk tetap bertanggung jawab dalam suatu pekerjaan dan bersikap profesional terhadap diri sendiri, tim, maupun organisasi.

Dengan menggunakan tema PASTI SERU (Profesional, Aspiratif, Interaktif, Etika, Semangat Perubahan) maka diharapkan dapat mencapai maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu: Meningkatkan peran serta mahasiswa, khususnya pengurus HMJ IE FEB UB periode 2017 dalam mengembangkan pribadi yang amanah untuk mengemban tugas-tugasnya dalam suatu wadah lembaga atau organisasi sehingga citra HMJ IE FEB-UB kedepan diharapkan akan semakin baik dan meningkat.

Rangkaian acara Organization Training 2017 dilaksanakan hari Sabtu pada tanggal 4 Maret dan 11 Maret 2017 bertempat di Aula Gedung D FEB UB. Rangkaian acara yang pertama dimulai pada pukul 07.30 yaitu registrasi peserta kemudian opening dan sambutan dari Ketua Pelakasana Organization Training 2017 yaitu  Mohammad Fahriyansah, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi yakni Muhammad Fikri, serta sambutan Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Bapak Dwi Budi Santoso, SE., MS., Ph.D yang diwakili oleh Bapak Aji Purba Trapsila, SE.I., ME.I.

Kemudian dilanjutkan dengan materi sesi pertama yang disampaikan oleh Willy Ariwiguna. Materi sesi pertama ini membahas tentang Success Function yang didalamnya terdapat 4 life skills yaitu vision determination, solving analycal, activity management dan comprehensive communication. Setelah materi sesi pertama, peserta melakukan ice breaking untuk merefresh pikiran mereka. Kemudian setelah ice breaking selesai, materi dilanjutkan. Materi kedua ini disampaikan oleh Muhammad Fikri yakni Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi 2017 tentang HMJ IE yang meliputi pemahaman dasar-dasar HMJ IE, visi misi HMJ IE, kapan HMJ IE mulai didirikan, menanamkan jiwa kepemimpinan, jiwa  yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa, serta memberikan motivasi dan semangat bagi pengurus HMJ IE untuk menuju HMJ IE yang lebih baik. Setelah materi sesi kedua sudah selesai maka dilanjutkan dengan makan siang, lalu briefing OT pada minggu kedua serta penutupan. Acara Organization Training yang pertama ini berakhir pada pukul 14.00.

Kemudian rangkaian acara kedua yaitu pada tanggal 11 Maret 2017. Rangkaian acara yang kedua ini dilaksanakan di Aula Gedung D FEB UB dan dimulai pada pukul 08.00 untuk registrasi peserta. Selanjutnya, pembukaan serta pembagian kelompok untuk kegiatan outbond. Outbond dilaksanakan pada pukul 09.00. Terdapat empat pos yang harus dilewati oleh setiap kelompok. Masing-masing kelompok diberikan games yang memiliki esensi keorganisasian, tujuannya adalah untuk mengakrabkan seluruh anggota HMJ IE, menanamkan rasa persaudaraan serta meningkatkan sense of belonging antar pengurus aktif HMJ IE 2017. Setelah outbond peserta langsung diarahkan untuk bersih-bersih dan ISHOMA sebelum lanjut ke materi sharing sejarah HMJ IE. Materi ini disampaikan oleh Ketua dan Wakil Ketua HMJ IE tahun 2016 yakni Arief Setyowidodo dan Prima Rahmadhani.

Setelah materi sharing sejarah HMJ IE dilanjutkan dengan Forum Group Discussion. Dalam Forum Group Discussion ini, peserta dibagi menjadi 8 kelompok yang masing-masing mewakili peran yang berbeda, yakni pemerintah, masyarakat, mahasiswa, pengamat lingkungan, investor, serta nelayan. Tema dari Forum Group Discussion adalah Reklamasi Teluk Jakarta yang dimoderatori oleh Mohammad Reza Pahlevi yang merupakan Wakil Kepala Departemen Kajian HMJ IE 2017. Dalam diskusi ini, diharapkan peserta dapat berperan aktif dalam menyampaikan pendapatnya. Setelah Forum Group Discussion selesai, kegiatan yang selanjutnya adalah sholat ashar berjamaah dan dilanjutkan dengan penampilan pentas seni dari masing-msing kelompok. Tiap kelompok memiliki penampilan yang berbeda-beda, ada yang menampilkan drama, menyanyi, puisi dan lain-lain. Setelah semua kelompok tampil, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang outbond, pentas seni, serta pembacaan ikrar HMJ IE 2017.

Pembacaan ikrar HMJ IE diucapkan bersama-sama dipimpin oleh Ketua HMJ IE 2017, pembacaan ikrar ini mencerminkan keseriusan terhadap komitmen pada HMJ IE 2017, dan acara ini diakhiri dengan memotong tumpeng oleh semua pengurus aktif serta sesi foto bareng. Acara Organization Training yang kedua ini berakhir pada pukul 18.00. Tujuan yang ingin dicapai telah terwujud dengan diadakannya acara Organization Training ini. Tujuan awal yang ingin diwujudkan pada Organization Training adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pemahaman pengurus HMJ IE terhadap segala sesuatu mengenai HMJ IE
  • Menanamkan sikap profesionalitas sekaligus kekeluargaan dalam kerja.
  • Membentuk pribadi pengurus HMJ IE yang bertanggung jawab, komitmen, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.
  • Meningkatkan motivasi dan semangat kerja pengurus HMJ IE.
  • Meningkatkan dan mengembangkan potensi HMJ IE.
  • Menanamkan soliditas dan loyalitas terhadap HMJ IE.
  • Menanamkan tradisi berpikir kritis dan berimbang dalam berorganisasi.
  • Meningkatkan skill pengurus dalam berorganisasi.
  • Meningkatkan rasa persaudaraan dan kerja sama antar anggota HMJ IE.
  • Meningkatkan sense of belonging pengurus terhadap HMJ IE.

Contact Person

  1. Muhammad Fikri                    (081232324237).
  2. Mohammad Fahriyansah        (085733355766).
Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)