Organization Training HMJIE 2018, RESPEK (Responsif, Sinergitas, Profesionalitas, Etika dan Komperhensif

Download Surat Pengantar Konfirmasi Evaluasi Studi, Surat Pernyataan Lanjut Studi dan Mengundurkan Diri.
13 April 2018
LATIHAN RUTIN ECONOMICS AND BUSINESS DANCE CLUB 2018
16 April 2018

Mahasiswa memiliki peran penting untuk kemajuan bangsa. Tercapainya kemajuan bangsa perlu adanya kesiapan dalam menghadapi perubahan. Demi terwujudnya perubahan menuju arah yang lebih baik maka sumber daya manusia harus memiliki pola hidup dan pola pikir yang baik.

Organisasi adalah salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan skill ataupun kemampuan yang dimiliki. Dengan mengikuti organisasi, maka mahasiswa akan terbiasa untuk memiliki tanggung jawab yang tinggi serta bekerja dengan profesional. Selain itu, dapat memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan kampus dan masyarakat. Serta, dapat menjadikan mahasiswa lebih bisa mengatur dirinya di bidang akademik ataupun bidang non akademik, karena kedua bidang itu harus tetap berjalan dengan seimbang.

Berdasarkan rapat pengurus harian HMJIE FEB UB, Organization Training diadakan pada tanggal 18 Februari 2018 dan 3-4 Maret 2018. Tema yang digunakan adalah RESPEK yang merupakan singkatan dari Responsif, Sinergitas, Profesionalitas, Etika dan Komperhensif. Kegiatan ini terbagi menjadi dua acara yakni Material and Small Grup Discussions dan puncak acara Organization Training. Dalam acara Materials and Small Grup Discussions pemateri yang telah hadir pada adalah Willy Ariwiguna dan Atu Bagus Wiguna.S.E,M.E. Para pemateri menyampaikan materi tentang “Manajemen Waktu” dan “ Keorganisasian”. Dalam materi “Manajemen Waktu” telah dijelaskan tentang Magic 24 “ A (not) Management Session)”. Menurut Bapak Willy Ariwiguna, Waktu merupakan investasi nilai yang besar. Waktu tidak bisa dikelola namun kita kelola oleh diri sendiri. Di dunia ini tidak ada manajemen waktu, yang ada hanyalah manajeman aktivitas.

 Selain mendapatkan materi tentang “Manajemen Waktu”. Para staff juga mendapatkan materi tentang “Keorganisasian” yang telah disampaikan oleh Bapak Atu Bagus Wiguna selaku dosen Ilmu Ekonomi FEB UB. Menurut beliau,dalam organisasi memiliki banyak perbedaan yang tidak bisa hindari namun harus kita kelola. Dan cara untuk menghadapi perbedaan tersebut adalah berkomunisasi secara berkelanjutan. Setelah materi berlangsung para staff juga melakukan Small Grup Discussion yang membahas tentang “Pembangunan Ekonomi Indonesia: Insfrastruktur terlebih dahulu atau SDM terlebih dahulu” yang dibagi menjadi 4 sudut pandang. Sebagai pengamat infrastuktur, pengamat sumber daya manusia, pengamat pemerintah dan pengamat Bappenas .Sedangkan pemateri pada puncak acara Organization Training, pemateri yang telah hadir adalah Muhammad Fikri (Ketua HMJIE 2017), dan Anita Ramandhani Rachmah (Wakil Ketua Umum HMJIE 2017) yang telah memberikan materi tentang KM FEB dan kepemimpinan . Menurut beliau, ,pemimpin harus memiliki pengaruh, ambisi, kapabilitas kepada semua orang bawahannya. Pada hari Minggu Tanggal 4 Maret 2018, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial ke penduduk desa dan outbond  yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepekaan terhadap sesama dan menumbuhkan rasa sense of belongs.

 

Contact Person:

Gina Mahiroh

089532472565

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan