ORGANIZATION TRAINING II BEM ECONOMICS AND BUSINESS FACULTY BRAWIJAYA UNIVERSITY

(Indonesia) Panitia Interaksi 2015, Tingkatkan Kekompakan Melalui Team Building
25 August 2015
Pelaksanaan Wisuda Periode I Tahun Akademik 2015/2016
27 August 2015

Memahami karakter tiap individu tidaklah mudah. Butuh proses untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Melalui media training organisasi ini diharapkan setiap individu diajak untuk mulai memahami rekan kerja yang akan membangun organisasi secara bersama-sama. Hal ini berkaitan juga dengan kerja-kerja profesional yang harus dilakukan oleh aktivis organisasi berkenaan dengan sedikitnya waktu yang tersedia dengan sumber daya manusia yang dapat bekerja sama satu dengan yang lain.

Idealisme mahasiswa yang selalu ingin segalanya dapat diraih di saat usia muda memang wajar dan itu menjadi salah satu  hal yang dapat memicu bagi mereka untuk terus berkarir dan menjadi aktivis kampus. Hanya saja dalam hal ini mahasiswa harus memiliki kecakapan khusus dalam mengatur diri, waktu, dan qalbu. Mahasiswa yang sempurna adalah mahasiswa yang dapat menyeimbangkan akademik dan nonakademiknya. Untuk dapat menciptakan mahasiswa yang berjiwa organisatoris dan akademis tersebut maka perlu adanya kegiatan yang dapat memotivasi mahasiswa untuk terus dapat berperan serta dalam perubahan menuju peradaban di abad 21.

Kegiatan tersebut dapat berupa Training Organisasi  untuk mahasiswa yang gemar berorganisasi dan menjadikan diri menjadi insan yang percaya diri dan penuh dengan pengorbanan dan tanggung jawab terhadap amanahnya. Hal ini sebagai wujud dari terciptanya demokrasi yang religius yang menganggap tugas adalah suatu amanah yang harus diselesaikan. Kegiatan Training Organisasi/Up Grading merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dua kali dalam kepengurusan. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan ataupun lainnya yang terkait dengan pengembangan diri, tim, dan organisasi. Selain dilakukan di dalam ruangan (indoor), kegiatan ini juga dilaksanakan dalam bentuk materi lapangan (outdoor), baik bersifat pengetahuan maupun ketrampilan (skill).

Fenomena yang terjadi selama ini bahwa pelaku-pelaku organisasi kurang dapat memahami arti sebuah tugas dan amanah. Untuk dapat menciptakan pribadi yang solid dalam tugasnya di suatu organisasi, maka BEM FEB-UB melaksanakan training organisasi untuk pengurus agar tercipta iklim kerja sama yang kondusif antarpengurus dan memberikan pemahaman dasar dalam berorganisasi sehingga tercapai apa yang menjadi visi misi BEM FEB-UB.

Memahami karakter tiap individu tidaklah mudah. Butuh proses untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Melalui media training organisasi ini diharapkan setiap individu diajak untuk mulai memahami rekan kerja yang akan membangun organisasi secara bersama-sama. Hal ini berkaitan juga dengan kerja-kerja profesional yang harus dilakukan oleh aktivis organisasi berkenaan dengan sedikitnya waktu yang tersedia dengan sumber daya manusia yang dapat bekerja sama satu dengan yang lain.

Idealisme mahasiswa yang selalu ingin segalanya dapat diraih di saat usia muda memang wajar dan itu menjadi salah satu  hal yang dapat memicu bagi mereka untuk terus berkarir dan menjadi aktivis kampus. Hanya saja dalam hal ini mahasiswa harus memiliki kecakapan khusus dalam mengatur diri, waktu, dan qalbu. Mahasiswa yang sempurna adalah mahasiswa yang dapat menyeimbangkan akademik dan nonakademiknya. Untuk dapat menciptakan mahasiswa yang berjiwa organisatoris dan akademis tersebut maka perlu adanya kegiatan yang dapat memotivasi mahasiswa untuk terus dapat berperan serta dalam kancah perubahan menuju peradaban di abad 21.

Kegiatan tersebut dapat berupa Training Organisasi  untuk mahasiswa yang gemar berorganisasi dan menjadikan diri menjadi insan yang percaya diri dan penuh dengan pengorbanan dan tanggung jawab terhadap amanahnya. Hal ini sebagai wujud dari terciptanya demokrasi yang religius yang menganggap tugas adalah suatu amanah yang harus diselesaikan. Kegiatan Training Organisasi/ Up Grading merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dua kali dalam kepengurusan. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan ataupun lainnya yang terkait dengan pengembangan diri, tim, dan organisasi. Selain dilakukan di dalam ruangan (indoor), kegiatan ini juga dilaksanakan dalam bentuk materi lapangan (outdoor), baik bersifat pengetahuan maupun ketrampilan (skill).

Fenomena yang terjadi selama ini bahwa pelaku-pelaku organisasi kurang dapat memahami arti sebuah tugas dan amanah. Untuk dapat menciptakan pribadi yang solid dalam tugasnya di suatu organisasi, maka BEM FEB-UB melaksanakan training organisasi untuk pengurus agar tercipta iklim kerja sama yang kondusif antarpengurus dan memberikan pemahaman dasar dalam berorganisasi sehingga tercapai apa yang menjadi visi misi BEM FEB-UB

Maksud dan Tujuan

Secara umum tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta mahasiswa, khususnya BEMers dalam mengembangkan pribadi yang amanah untuk mengemban tugasnya dalam suatu wadah lembaga atau organisasi sehingga citra BEM FEB kedepan diharapkan akan semakin meningkat.

Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai melalui kegiatan ini yaitu:

  1. Memberikan pemahaman BEMers terhadap segala sesuatu mengenai BEM-FEB.
  2. Menanamkan sikap profesionalitas kerja.
  3. Membentuk pribadi pengurus BEM-FEB yang bertanggung jawab, komitmen, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.
  4. Meningkatkan motivasi dan semangat kerja pengurus BEM-FEB UB.
  5. Memenuhi kebutuhan pengurus dan organisasi.
  6. Meningkatkan dan mengembangkan potensi BEMers.
  7. Menanamkan soliditas dan loyalitas terhadap BEM-FE.
  8. Menanamkan tradisi berpikir kritis dan berimbang dalam berorganisasi.
  9. Meningkatkan skill pengurus dalam berorganisasi.
  10. Meningkatkan rasa persaudaraan dan kerja sama antara BEMers.
  11. Meningkatkansense of belongingpengurusterhadap BEM-FEB

Pelaksanaan Kegiatan

Tempat Pelaksanaan Kegiatan            : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Waktu Pelaksanaan Kegiatan             : 26-27 September 2015

Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan ini adalah seluruh Staff Magang Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya 2015.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan