Organization Training dengan Konsep Super Hero

Organization Training dengan Konsep Kekeluargaan
24 March 2019
COMPETITION OF ACCOUNTING (COMPAC) PERGURUAN TINGGI IX NASIONAL
24 March 2019

Organization Training (OT) Economic and Business Dance Club (EDC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kecakapan, pengetahuan dan keterampilan pengurus Economic dan Business Dance Club (EDC) tahun kepengurusan 2019 dalam menjalankan organisasi. Dengan harapan pengurus pada tahun 2019 beserta dengan anggota dapat berkontribusi sesuai dengan peraturan yang baru mencapai tujuan dari organisasi dengan lebih baik, terorganisir dan mencapai prestasi yang lebih tinggi ke depannya untuk EDC dan Universitas Brawijaya.

            Organization Training yang diadakan oleh EDC ini diadakan pada tanggal 22-24 Maret 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 80 anggota aktif EDC FEB UB , dan dimulai hari Jum’at tanggal 22 Maret 2019 mulai pukul 12.00 WIB yang dimulai dengan persiapan panitia, trainer, dan peserta di basement FEB UB yang kemudian dilanjutkan dengan pengarahan peserta ke Aula Ged. D. Acara yang bertemakan super hero ini berlangsung dengan lancar dan menyenangkan untuk panitia, pemateri dan peserta.

            Acara ini dimulai dengan sambutan ketua pelaksana yaitu Endah Rekno Palupi sebagai pembukaan dan penyampaian materi, dan kemudian peserta diberikan waktu oleh trainer untuk istirahat, sholat, dan makan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara pemberian materi oleh ketua umum EDC dan para trainer yang merupakan alumni dari kepengurusan EDC yang terdiri dari kakak tingkat 2015. Trainer disini memiliki tujuan untuk menerangkan sejarah EDC dan mengajarkan tentang kepemimpinan dan komunikasi dalam sebuah organisasi, sedangkan ketua umum EDC menerangkan soal AD/ART EDC agar seluruh anggota serta kepengurusan EDC tahun 2019 mengetahui aturan, dan regulasi yang baru dan dapat berkontribusi dengan lebih terorganisir dan menjalin hubungan yang lebih solid sehingga dapat mewujudkan terlaksananya program kerja EDC selama 1 tahun periode kepengurusan ke depan.

            Kegiatan ini diikuti oleh 80 anggota aktif EDC FEB UB dan dibagi ke beberapa kelompok untuk menampilkan sebuah pensi dimana harus menampilkan sebuah koreografi kreatif dan flashmob yang berkonsep super hero. Dari pensi yang diadakan di kegiatan Organization Training ini peserta akan mendapatkan pengetahuan baru dan kreatifitas dalam membuat tarian dan koreografi sendiri yang diharapkan dapat dimanfaatkan untuk koreografi tambahan EDC sebagai bentuk kontribusi tahun 2019 ini.

            Pada Hari sabtu acara ini dimulai pada pukul 11.00 WIB dan diawali dengan kedatangan seluruh anggota EDC , kemudian dilanjutkan dengan istirahat dan sholat. Di sesi selanjutnya terdapat pembukaan acara pada hari ke 2 oleh trainer dan dilanjutkan dengan kegiatan eksplor gerak, eksplor gerak ini adalah salah satu kegiatan menari tanpa aturan gerakan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan peserta tentang dunia tari dan juga meningkatkan kemandirian anggota EDC. Lalu dilanjutkan dengan sharing alumni dimana para alumni didatangkan untuk sharing bersama anggota EDC 2019 tentang sejarah maupun prestasi EDC di masa lalu.

            Hari terakhir OT EDC 2019 dimulai dengan acara senam pagi pada pukul 6.30 yang kemudian dilanjutkan dengan outbond dan jelajah, outbond dan jelajah ini bertujuan untuk meningkatkan teamwork dan leadership diantaranya team-trial games, lompat tali bersama, dan permainan pindah pulau. Tujuan dari outbound ini adalah mewujudkan nilai dari team building dan leadership (kepemimpinan), social responsibility (kepekaan sosial), team work (kerjasama tim), tanggung jawab dan nilai-nilai ketuhanan. Dan diakhir acara peserta yang telah mendapatkan poin terbanyak dari keseluruhan permainan diberikan reward yang menarik dari panitia.Setelah itu peserta diberikan waktu untuk bersih diri dan persiapan sebelum pensi. Selanjutnya adalah pertunjukan pensi, acara ini dimulai pada pukul 12.30 dan lanjut dengan pengumuman dan penyerahan hadiah. Sebelum acara berakhir, panitia bersama dengan seluruh peserta dan trainer melakukan bersih-bersih dan foto bersama dimana hal ini diharapkan dapat mempererat antara satu sama lain. Acara kemudian diakhiri pukul 16.00 WIB.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan