Out Ward Bound (OWB)

Music Roots 2017
11 December 2017
CAMP REGENERASI
13 December 2017

Salah satu program LPM Indikator yang telah terlaksana adalah Out Ward Bound (OWB), sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu Indikator Jurnalism Today (IJT) yang diikuti oleh semua anggota Indikator 2017. Setelah  mendapatkan  teori jurnalistik selama IJT, semua anggota Indikator dituntut untuk mengaplikasikannya dengan terjun langsung ke masyarakat dalam OWB. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepekaan sosial dan mengasah kemampuan jurnalistik semua anggota Indikator 2017. Karena selama pelaksanaan OWB, semua anggota dilatih untuk mengamati kehidupan masyarakat kemudian menuangkannya dalam tulisan. Proses pembuatan artikel yang memenuhi standar penulisan jurnalistik ini akan didampingi oleh anggota Indikator lama. Selain perannya sebagai pembimbing, anggota Indikator lama juga mengawasi kegiatan agar efektif dan tidak menyimpang dari tujuan semula.

Kegiatan OWB yang dilaksanakan di sekitar kampus ternyata mampu memenuhi apa yang dibutuhkan oleh kegiatan pembelajaran, seperti masyarakat sekitar kampus sebagai narasumber dan juga lahan sebagai arena refreshing dan segala fasilitas kampus yang dapat dimanfaatkan anggota Indikator.

Agenda OWB dimulai dengan pemberian materi terkait cara menulis menggunakan teknik feature, dan dilanjutkan dengan pembagian kelompok tim penulis dan editor, tim penulis beranggotakan Indikator angkatan 2017 dan editor atau SPV beranggotakan anggota Indikator lama. Setelah anggota menguasai Teknik menulis feature, di hari kedua dilaksanakan penggalian ide dan dilanjutkan dengan membuat kerangka tulisan dan mencatat calon narasumber. Setelah calon narasumber telah jelas, anggota tim penulis mencari data dengan reportase langsung kepada masyarakat sekitar kampus sebagai narasumbernya. Setelah mendapat data yang diinginkan, dilanjutkan dengan dituliskan data yang telah diperoleh dan langsung diedit setelah selesai oleh editor. Selesai diedit, kemudian tulisan dikumpulkan dan berlanjut dengan diadakannya ishoma (istirahat sholat dan makan).

Pada hari ketiga, diadakan senam pagi dan games cerdas cermat yang bertujuan untuk menambah wawasan terkait dunia jurnalistik dan juga struktur dan kultur yang ada di Indikator. Sehubung  telah dilaksanakannya OWB ini, diharapkan semua anggota Indikator dapat menambah wawasan dan pengalaman, khususnya tentang jurnalistik, dan nantinya mampu menjadi jurnalis yang profesional dan peka terhadap lingkungan sosial masyarakat.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan