Pameran Produk UMKM Jawa Timur : Salah Satu Bukti Keseriusan FEB Membina UMKM

Peresmian Gedung Utama, Ruang Ikatan Alumni dan Klinik Bisnis UMKM
12 June 2014
Telah Berpulang ke Rahmatullah : Dede Sadewo Djatikusumo, SE.,M.Si.,PhD
13 June 2014

Perhatian FEB UB terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tampaknya senantiasa terjaga. Setelah beberapa tahun terakhir rutin melakukan pembinaan serta pendampingan kepada UMKM dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur, tahun ini agenda tersebut kembali diadakan. Salah satu rangkaian dari kegiatan ini adalah “Pameran Produk UMKM Jawa Timur”. Pada kesempatan kali ini, pameran diadakan selama tiga hari, yakni tanggal 9 hingga 11 Juni 2014. Bertempat di MX Mall, stand produk dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur berhasil menyita perhatian dari para pengunjung.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama FEB UB melalui dua lembaganya, Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi (PPKE) dan Pusat Kajian dan Pengembangan UMKM, Koperasi, dan Kewirausahaan dengan Dinas Koperasi dan UMKM JawaTimur. Dua tema yang diusung adalah “Pendampingan UMKM Melalui Inkubator Bisnis Model Industri Kreatif Jawa Timur”, dan “Pendampingan Peningkatan Akses Pemasaran bagi UMKM”.

Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan UMKM di Jawa Timur akan semakin berkembang. Sejumlah materi yang diberikan adalah tentang manajerial, meliputi, pembukuan, perencanaan bisnis, teknik pemasaran, teknik pengemasan, peningkatan kualitas produk, teknik pemasaran, dan masih banyak lagi.

Joko Budi Santoso, S.E., selaku koordinator teknis kegiatan kali ini sekaligus senior manager PPKE mengungkapkan, “Kami memberikan berbagai pelatihan kepada para UMKM, agar mereka dapat lebih berkembang. Salah satu yang menghambat UMKM untuk berkembang adalah aspek permodalan, maka dari itu Kami memberikan materi tentang pembukuan, sehingga mereka lebih bankable, dengan begitu akan lebih mudah untuk mendapat pinjaman modal dari bank”.

Kemudian Beliau juga menjelaskan tentang latar belakang pemberian materi tentang perencanaan bisnis. Guna menghadapi Asean Economic Community yang akan segera berlaku pada tahun 2015, maka UMKM perlu memiliki perencanaan bisnis yang bagus, dan sesuai, sehingga tidak sampai kalah dengan produk-produk asing yang berpotensi membanjiri Indonesia.

Pameran ini memfasilitasi para UMKM di Jawa Timur untuk memperluas pasar mereka, karena tentunya setelah kegiatan ini, produk mereka akan semakin dikenal luas. UMKM yang turut berpartipasi dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 120 dari belasan kabupaten atau kota di Jawa Timur. Konsep dari pameran ini adalah menghimpun produk dari sekitar 120 UMKM binaan, untuk dipasarkan atau diperkenalkan melalui pameran. Sehingga cukup sejumlah perwakilan UMKM saja yang hadir.

Tenaga ahli dalam pembinaan UMKM ini didominansi oleh dosen FEB UB, sementara untuk pendampingan dilakukan oleh sejumlah mahasiswa FEB UB. Penyelenggaraan kegiatan ini mendapat support dari Fakultas Teknik Pertanian (FTP) UB, terkait dengan mesin-mesin produksi sederhana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan produktifitas UMKM. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan