PAPER COMPETITION INCREADIBLE RESEARCH AND NATIONAL COMPETITION (INSTINCT) 2017

Selamat, Komisioner OJK
15 June 2017
ISLAMIC IN FOCUS (IIF) 2017
15 June 2017

Peningkatan perekonomian Indonesia dapat kita lihat dari pertumbuahan ekonomi pada setiap tahunnya. Dengan melakukan perbandingan pertumbuhan setiap tahunnya dapat dianalisis bahwa apakah perekonomian Indonesia mengalami peningkatan atau malah mengalami penurunan. Pertumbuhan ekonomi global yang lemah tahun 2015 telah berdampak pada Indonesia dengan pertumbuhan hanya sebesar 4,8% tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 cukup baik untuk Negara pengekspor komoditas, tetapi belum cukup untuk menyerap sekitar tiga juta anak muda masuk dalam tenaga kerja, juga tidak cukup untuk membalik tren pengentas kemiskinan yang melambat (www.worldbank.org, 15 Maret 2016).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan “Dalam jangka panjang perekonomian Indonesia akan terus tumbuh di atas tujuh persen”. Pertumbuhan yang cukup tinggi tersebut harus di antisipasi karena setiap kali Indonesia masuk ke periode pertumbuhan cukup tinggi atau diatas tujuh persen maka ekonomi Indonesia mengalami yang disebut overheating (liputan6.com, kamis 26 Mei 2016). Bank Dunia memprediksi Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi sebanyak 5,1% pada 2016 dan 5,3% pada 2017, meski angka itu merupakan perbaikan dari 4,8% pada 2015, Bank dunia menyatakan bahwa pertumbuhan perekonomian di Indonesia bergantung dari kebijakan ekonomi pemerintah. Proyeksi Bank Dunia ini berbeda dengan target pemerintah Indonesia. Menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, pemerintah akan menjaga pertumbuhan ekonomi tetap di 5,3% serta nilai tukar rupiah tetap di sekitar Rp.13.400,00 per US$1(www.bbc.com, 2016).

Sehubungan dengan fenomena dan kasus diatas, maka diperlukan solusi-solusi kreatif untuk peningkatan perekonomian Indonesia. Kami sebagai lembaga Pengkajian Ilmiah dan informasi (LPII) memberikan wadah kepada seluruh mahasiswa se-Indonesia untuk memberikan solusi-solusi kreatifnya melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang kami bawa dengan mengangkat tema “Peningkatan Perekonomian Indonesia Di Kawasan ASEAN”.

Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini yaitu meningkatkan berfikir kritis mahasiswa dalam menghadapi berbagai permasalahan ekonomi di masyarakat dan Memberikan sumbangan pemikiran bagi pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa khususnya dalam bidang ekonomi. Adapun tema dalam kegiatan ini adalah “Peningkatan Perekonomian Indonesia Di Kawasan ASEAN”. Kegiatan ini berbentuk kompetisi karya tulis ilmian antar mahasiswa nasional, yang mana ada beberapa tahap yang perlu dilalui. Yaitu tahap pengiriman full paper dan tahap semifinal atau presentasi didepan dewan juri dan sesi finalis (15) besar yang kemudian memaparkan gagasannya kembali didepan dewan juri. Kegiatan ini bernama Increadible Research And National Competition (Instinct) 2017. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 April hingga 16 April 2017. Tim Delegasi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya ini adalah Abigail Sofia Wahono, Fabiyanti Ratna Safitri, Asa Jasmine Harimurti.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan