Partner dari PWC Turut Mengisi Materi dalam Kegiatan Pembekalan KKN-P JAFEB

Karya Siswa dari BPK di FEB Bertambah 10 Orang
23 February 2014
Prof Nuhfil Hanani Unggul di TPS 02 FEB UB
24 February 2014
M. Jusuf Wibisana, M.Ec., Ak. salah seorang partner dari PWC

M. Jusuf Wibisana, M.Ec., Ak. salah seorang partner dari PWC

Sabtu (22/02), bertempat di Ruang Sidang Utama FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) telah dilaksanakan kegiatan Pembekalan KKN-P (Kuliah Kerja Nyata – Profesi) Semester Genap 2013/2014 Jurusan Akuntansi. Kegiatan ini diikuti oleh hampir 30 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang telah siap untuk melaksanakan KKN-P. Dengan adanya pembekalan ini, maka para mahasiswa akan lebih siap dalam menghadapi berbagai macam tantangan ketika KKN-P maupun turun ke duia kerja yang sesungguhnya.

Acara diawali dengan sambutan dan pengarahan oleh Drs. Nurkholis, M.Buss., Ph.D., Ak. selaku ketua Jurusan Akuntansi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Sekretaris Jurusan, Abdul Ghofar, SE., M.Si., MSA., DBA., Ak., CPMA. mengenai Kebijakan umum KKN-P, Tata tertib KKN-P dan Kegiatan yang disetarakan dengan KKN-P. Terdapat dua jenis KKN, yakni tematik dan profesi. FEB memilih KKN-Profesi karena lebih cocok dengan kompetensi praktek yang dibutuhkan oleh para mahasiswa. Durasi minimal mahasiswa melaksakan KKN-P di suatu institusi adalah 25 hari kerja. Ada keuntungan tersendiri dari KKN-P ini yang mungkin akan didapatkan oleh para mahasiswa, yakni peluang untuk langsung direkrut oleh perusahaan tempat mereka magang apabila kinerja mereka dirasa sangat memuaskan. Disela-sela pemaparan materinya, Abdul Ghofar, SE., M.Si., MSA., DBA., Ak., CPMA. sempat berujar, “Berdasarkan informasi yang didapat dari KAP Big 4 (Deloitte, EY, PWC dan KPMG), lulusan Jurusan Akuntansi FEB memiliki keunggulan tahan banting dan tidak mudah menyerah”.

 

Selanjutnya para peserta pembekalan juga mendapatkan materi tentang Penyusunan Rencana Kegiatan selama KKN-P dan Tekhnik Penulisan Laporan KKN-P yang disampaikan oleh Aang Kunaifi, SE.,Ak.. Beliau menyarankan para mahasiswa untuk membiat proposal KKN-P, karena dapat membantu dalam proses pelamaran ke perusahaan dan juga membantu proses pembuatan laporan KKN-P. Berikutnya kesempatan Dr. Drs. Zaki Baridwan, M.Si., Ak. untuk memaparkan materi tentang Komunikasi dan Kepribadian. “Saya percaya kalian memiliki kemampuan yang sangat hebat, hanya saja masih perlu treatment tertentu untuk memaksimalkannya”, ujar Beliau pada awal materinya. Beliau juga mengatakan bahwa pribadi yang unggul, adalah pribadi yang mampu mengendalikan pikirannya.

M. Jusuf Wibisana, M.Ec., Ak. yang merupakan salah seorang partner dari PWC (PricewaterhouseCoopers) juga turut menjadi pemateri dalam kesempatan kali ini. Materi yang dibawakan Beliau adalah Prospek Kerja dalam Perusahaan Bisnis & Kiat Sukses Berkarier. Para mahasiswa dihimbau untuk tidak membuat resume yang terlampau panjang, karena hal tersebut dapat merugikan diri sendiri ketika dalam proses melamar kerja. Tehnik penulisan surat lamaran kerja atau application letter juga harus sangat diperhatikan karena perusahaan dapat memprediksi keperibadian dan kompetensi para pelamar kerja hanya dari surat tersebut. Pikirkan bagaimana cara membuat application letter yang mampu untuk menunjukan kualitas baik, sehingga lebih menarik bagi perusahaan untuk merekrut.

Tak ketinggalan, Beliau juga membagikan berbagai pengalaman selama bekerja di KAP (Kantor Akuntan Publik). “Kerja di KAP dapat dikatakan berat, karena pada saat Peak Season akan sangat banyak pekerjaan dengan deadline yang ketat. Sehingga pulang malam itu sudah biasa. Terutama untuk level senior”, ujar Beliau. Walaupun misalnya gaji untuk fresh graduate sekitar 5 juta, namun Take Home Pay bisa hingga 10 juta, bahkan lebih. Keuntungan bekerja di KAP adalah ilmu Akuntansi yang dimiliki akan terus berkembang. Dalam melaksanakan pekerjaan pun, anggota tim nya bisa berbeda-beda. Kadang juga ada tugas kerja keluar kota. Sehingga tidak mudah mengalami kejenuhan dalam bekerja.

Peserta Pembekalan KKN-P

Peserta Pembekalan KKN-P

Kegiatan Pembekalan KKN-P ditutup dengan pemaparan materi tentang Motivasi Menghadapi Dunia Kerja yang disampaikan oleh Yeney W. Prihatiningtias, SE., MSA., DBA., Ph.D., Ak.. Menyadari kemampuan dan potensi yang terdapat dalam diri sendiri merupakan hal yang penting, karena apabila Kita belum mengetahui hal tersebut, bagaimana bisa mempromosikan diri untuk bekerja kepada suatu institusi?. Para alumni FEB harus memiliki kemampuan kerja dengan tertib, disiplin, berdaya juang tinggi serta selalu memiliki motivasi positif. Karena hal-hal tersebutlah diperlukan untuk dapat survive di dunia kerja. Namun jangan sampai lupa berdoa, segala sesuatu terjadi atas kehendak Tuhan, manusia hanya bisa berusaha, hasil akhir tetap ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga dengan telah dilaksanakannya kegiatan pembekalan ini, para mahasiswa telah menjadi lebih siap lagi untuk KKN-P dan juga untuk turun ke dunia kerja. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan