Pelatihan dan Publikasi Jurnal Internasional

Pendaftaran PPAk dan Join Program
8 July 2011
Agus Suman: Calo Anggaran Proyek Infrastruktur
12 July 2011

Senin (11/7), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) bekerjasama dengan Tim Peningkatan Publikasi Internasional (PPIKID) UB, mengadakan Pelatihan dan Publikasi pada Jurnal Internasional. Acara yang bertempat di Ruang Sidang Utama FEB ini, menghadirkan pemateri antara lain, Prof. Ali Saukah, Ph.D (Universitas Negeri Malang), Prof. Eko Ganis Sukoharsono, M.Com, Ph.D (FEB UB), Prof. Wani Hadi Utomo, Ph.D dan Dr. Ir. Marjuki, M.Sc (Tim PPIKID UB).

Ada tiga materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, yaitu (1) Bahasa Inggris dalam penulisan artikel di jurnal Internasional, (2) Publikasi artikel di jurnal Internasional (Tricks and Experience), dan (3) Penulisan artikel di jurnal Internasional, serta sosialisasi UB tentang insentif penulisan publikasi Internasional.

Dalam menulis jurnal, penting untuk menentukan target yang ingin dicapai. Hal itu tidak lain adalah dalam rangka agar jurnal yang dihasilkan berkualitas. Selain itu, data-data juga perlu dilengkapi untuk menunjang keabsahan jurnal. Sehingga jurnal mampu menempati rating yang tinggi. Sedangkan hal yang tidak kalah penting dalam penulisan jurnal adalah penggunaan Bahasa Inggris yang benar dalam jurnal tersebut.

“Dalam menulis jurnal sebaiknya fokuskan pada bidang masing-masing, agar kita benar-benar menguasai,” ungkap Eko menyarankan.

Tim PPIKID juga memaparkan tentang penulisan artikel di dalam jurnal Internasional. Marjuki menjelaskan, ada insentif yang akan diberikan atas tiap artikel yang diterbitkan di jurnal Internasional.

“Tidak perlu takut menulis jurnal. Kalau butuh biaya, kita siap biayai,” ungkap Hadi menutup materi. [riz]

Tinggalkan Balasan