Pembayar Pajak Patriot Bangsa

One Day Seminar & Workshop: Mixed Methods Research
15 October 2012
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Modek CGE (Computable General Equilibrium)
18 October 2012

Kamis (18/10), Integrated Center for Accounting, Taxation, and Assurance Services (ICATAS) Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) telah melaksanakan Seminar Perpajakan “Pembayar Pajak Patriot Bangsa”. Acara berlangsung di Gedung F lantai 7 dan diikuti tidak kurang dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru JAFEB UB 2012.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Sekretaris Jurusan Akuntansi, Helmy Adam, MSA., Ak., CPMA. Materi inti disampaikan oleh Ahmad Komara, Ak., MA (Kepala Bidang Pengurangan Keberatan dan Banding Kanwil DJP Jawa Timur III). Dalam paparannya Ahmad Komara, Ak.,MA menjelaskan tentang Pengertian Pajak, Sistem Perpajakan Indonesia,  Pola Pemungutan Pajak, Subjek dan Objek Pajak,  serta Pembayaran & Pelaporan Pajak.

Menurut Beliau, ada 3 tipe manusia di dunia ini, yaitu: 1) Tipe Pahlawan: bekerja dan berkontribusi maksimal tanpa mengharap kompensasi, 2) Tipe Pekerja: bekerja dan berkontribusi maksimal dengan mengharap imbalan maksimal pula, dan 3) Tipe Penjahat: bekerja dan berkontribusi minimal atau NOL tapi mengharap imbalan maksimal. “Pembayar pajak adalah patriot bangsa karena pembayar pajak yang ikhlas dan tuntas telah berkontribusi pada kelangsungan dan proses pembangunan bangsa tetapi tidak memperoleh kontra-prestasi langsung dari Negara. Jadi, pembayar pajak adalah tipe manusia pahlawan alias Patriot Bangsa…”, ungkap Beliau.

Peserta seminar disuguhkan games yang diberikan oleh Kanwil DJP Jawa Timur III Malang, pemateri, dan panitia seputar materi dan slogan pajak. Beberapa hadiah yang diberikan kepada para peserta antara lain hand book, novel perpajakan, kantong HP, dan pin pajak. Acara semakin menarik dengan adanya penampilan Home Band UB, dan Teater EGO (UKM FEB UB. (mir/ris)