Pengabdian Masyarakat, JIE FEB UB Kembangkan Potensi Agrowisata di Pakis

Dongkrak UMKM, FEB UB Lakukan Pelatihan Akses Modal
30 September 2021
JIE FEB UB Mengabdi, Identifikasi Potensi dan Pemasaran Produk Digital
1 October 2021

Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB melaksanakan pengabdian masyarakat di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Tim yang beranggotakan Dwi Budi Santoso, SE., MS., Ph.D., Putu Mahardika Adi Saputra, SE., M.Si., MA., Ph.D., dan Nurman S. Fajar., SE., M.Si, tersebut menggelar sosialisasi bertema “Pengembangan Potensi Agrowisata Berbasis Masyarakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Pakis”.

Kegiatan yang bertempat di Balai Desa Sumberpasir, Sabtu (4/9/2021) tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini berlangsung karena telah terjalin kerjasama antara Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan Pemerintah Kecamatan Pakis sejak tahun 2020 lalu.

Dimana kegiatan ini melanjutkan kegiatan sebelumnya. Fokus kegiatan kali ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Sumberpasir berdasar hasil analisis data yang dilakukan oleh tim JIE mengabdi yaitu adanya potensi agrowisata yang belum terkelola secara optimal oleh aparatur desa dan masyarakat di Kecamatan Pakis.

Sosialisasi dilaksanakn dalam bentuk paparan hasil analisis data dan peta potensi wisata di Kecamatan Pakis. Selain itu juga dipaparkan tentang pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism).

Dijelaskan komponen penting dalam pengembangan agrowisata berbasis masyarakat ini diantaranya partisipasi aktif masyarakat, tatakelola administrasi, pengembangan dan penilaian kapasitas, perlindungan hak masyarakat, dan distribusi manfaat.

Selain itu tim JIE juga menjelaskan pengembangan agrowisata berkelanjutan. Dimana komponen penting dari agrowisata berkelanjutan diantaranya memenuhi kebutuhan dan keinginan komunitas lokal dalam hal peningkatan standar hidup dan kualitas hidup, memenuhi permintaan wisatawan dan industri pariwisata, dan terus menarik mereka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan komunitas lokal, serta mempertahankan keadilan antar dan intra-generasi dan keberlangsungan destinasi untuk masa mendatang.

Termasuk juga menjaga basis sumber daya lingkungan untuk pariwisata yang meliputi komponen alam, binaan dan budaya, untuk mencapai ketiga tujuan sebelumnya.

Tim pengabdian masyarakat juga memaparkan terkait best practices pengembangan agrowisata berbasis masyarakat yang ada di Kampung Flory Kabupaten Sleman Yogyakarta yang dapat dijadikan referensi dan diimplementasikan di Kecamatan Pakis.

Terakhir tim JIE FEB UB menggali informasi dari masyarakat mitra guna menggali lebih dalam lagi potensi-potensi wisata yang bisa dikembangkan

sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/373375/pengabdian-masyarakat-jie-feb-ub-kembangkan-potensi-agrowisata-di-pakis

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan