Pengembangan Ide Penelitian Dimulai Dari Laboratorium Kewirausahaan FEB UB

Soft Launching, Laboratorium Ekonomi Islam FEB UB
20 March 2018
Motivasi Bawah Sadar Wirausaha
20 March 2018

Sebagai bagian dari pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) mendirikan Laboratorium Kewirausahaan. Laboratorium ini diharapkan akan menjadi creative hub bagi pengembangan ide-ide bisnis di tingkat mahasiswa maupun masyarakat luas.

“Cita-cita dari Laboratorium Kewirausahaan yaitu dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran kewirausahaan mahasiswa, serta mengembangkan ide dan metode penelitian berbasis kewirausahaan. Dukungan terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa dilakukan dengan pembuatan modul (atau pedoman) pembuatan model bisnis berbasis kerangka kerja seperti Business Model Canvas (BMC). Di sisi lain, Laboratorium Kewirausahaan juga akan menjadi pusat pengembangan ide penelitian dengan membentuk grup riset (research grup) maupun Scopus Club”, ujar Sigit Pramono, SE., M.S, Ketua Laboratorium Kewirausahaan.

Untuk mewujudkan tujuan itu, Laboratorium Kewirausahaan membentuk organisasi untuk membagi wewenang dan tugas sesuai dengan fungsinya. Terbagi menjadi tiga divisi yaitu Divisi Komersialisasi dan Bisnis Kreatif, Divisi Akademik dan Pendidikan serta Divisi Pelatihan dan Pengembangan, dalam menjalankan aktivitasnya, Laboratorium Kewirausahaan ini melibatkan mahasiswa dari Jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi maupun Akuntansi dibawah koordinasi Himpunan Mahasiswa Jurusan masing-masing.

Divisi Komersialisasi dan Bisnis Kreatif bertugas untuk mengembangkan ide-ide bisnis di kalangan mahasiswa, maupun masyarakat umum. Kegiatan utama divisi ini yaitu diskusi pendampingan dan pengembangan ide bisnis, mentoring hingga simulasi bisnis dengan menggunakan alat-alat analisis pengambilan keputusan. Divisi Akademik dan Pendidikan bertugas untuk mengembangkan materi-materi pendukung perkuliahan, terutama mata kuliah yang dapat mendorong pengembangan kreativitas bisnis. Kegiatan yang direncanakan berupa pembuatan modul bisnis berbasis BMC, praktek bisnis pendukung mata kuliah khusus Prodi Kewirausahaan dan layanan praktikum kewirausahaan lainnya. Sedangkan Divisi Pelatihan dan Pengembangan bertugas untuk melaksanakan penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan bidang ilmu dan pengembangan kewirausahaan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pembentukan research grup, pengabdian dan pelatihan di masyarakat. Pelatihan yang dapat dilaksanakan adalah pelatihan pembuatan logo dan kemasan, foto-foto produk serta desain video dan poster sebagai bagian dari komunikasi bisnis.

Pelaksanaan program dan kegiatan di Laboratorium Kewirausahaan didukung oleh ruangan yang warna-warni sebagai simbol dari kreativitas ide bisnis serta dilengkapi dengan peralatan modern untuk menunjang kegiatan Laboratorium. Berlokasi di Gedung FEB UB, ruangan di Laboratorium Kewirausahaan dibagi menjadi empat fungsi, yaitu 1) ruang tematik, 2) ruang co-working, 3) ruang komputer dan desain, dan 4) ruang konsultasi. Ruangan-ruangan ini dilengkapi dengan peralatan seperti layar touchscreen, komputer iMac, LCD proyektor beresolusi tinggi, printer ukuran A3 untuk cetak poster dan kemasan, serta sound yang memadai untuk video dan profile editing.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan