Penyembelihan dan Penyaluran Hewan Kurban dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1437 H

Semangat Juang Tim Delegasi FEB UB Dalam Ajang PIMNAS Ke-29
8 September 2016
FEB UB Optimis dalam Peer Review Visits ABEST21
14 September 2016

14238368_1300152116691810_4910641830543144290_nDalam rangka Hari Raya Idul Adha 1437 H, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) menyelenggarakan acara penyembelihan dan penyaluran hewan kurban bertempat di halaman belakang Gedung D FEB UB. Hal yang berbeda tampak dalam perayaan hari Idul Adha tahun ini, proses penyembelihan tidak hanya melibatkan karyawan namun sejumlah mahasiswa juga turut andil dalam kegiatan ini.

Dekan FEB UB, Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, SE., MSc., Ph.D., yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa pihak-pihak yang melakukan kurban setiap tahunnya terus bertambah. Tahun ini, hewan kurban yang terkumpul terdiri dari 2 ekor sapi dan 25 ekor kambing jantan, dimana 11 diantaranya didistribusikan ke wilayah di luar FEB UB dengan rincian sebagai berikut:

  • Kantor pusat UB : 2 ekor kambing
  • Lapas Lowokwaru Kota Malang : 2 ekor kambing
  • Mahasiswa Forstilling : 3 ekor kambing
  • Yayasan di Batu : 4 ekor kambing

Setiap tahun kegiatan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah atau 70 hari setelah perayaan Idul Fitri rutin dilaksanakan FEB UB. Hal ini dilakukan untuk memperingati peristiwa kurban, yaitu hari dimana Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Dalam perayaan Hari Idul Adha tahun ini, Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, SE., MSc., Ph.D., menekankan dua hal penting. Pertama, seorang ilmuwan haruslah bersifat hanif  layaknya Nabi Ibrahim, yakni karakter yang mampu menerima kebenaran dari segala hal. Kedua, perayaan hari Idul Adha juga mengajarkan tentang nilai keikhlasan, sebagaimana Nabi Ibrahim dan putranya yang ikhlas ketika harus mengikuti perintah-Nya. Oleh sebab itu, sikap ikhlas sangat dibutuhkan terutama ketika hal yang berbau kebenaran seringkali tidak sejalan dengan apa yang kita inginkan. (gde)