Perjalanan Majalah dan Tabloid Indikator

Perjalanan Majalah dan Tabloid Indikator 2019
10 August 2019
NATIONAL EQUILIBRIUM CONFERENCE (NEC) 2019
11 August 2019

Perjalanan Majalah dan Tabloid Indikator merupakan proses pengerjaan Majalah pun Tabloid Indikator yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Lembaga Pers Mahasiswa Indikator Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (LPM Indikator FEB UB). Setelah anak tahun emas kami lahir, selanjutnya kami berencana menerbitkan majalah reguler di edisi ke-51 ini. Majalah Indikator memiliki empat buah laporan besar dengan permasalahan ekonomi kerakyatan sebagai tema laporan utamanya. Tidak hanya itu, LPM Indikator juga berencana menerbitkan Tabloid Indimaknews yang memiliki dua laporan besar di dalamnya. Kedua produk kami memiliki tujuan untuk pemenuhan informasi civitas akademika FEB UB, kota Malang, pun nasional. Produk Majalah memiliki lingkup lebih luas yaitu nasional, sedangkan Tabloid Indimaknews ditujukan khususnya untuk kota Malang. Selain pemenuhan informasi, produk kami juga bertujuan untuk memberdayakan civitas akademika FEB UB untuk turut serta menyumbangkan pikiran pun tulisannya melalui rubrik yang telah kami sediakan. Rubrik tersebut kita buka dengan sistem open tender yang terdiri atas rubrik rekening, bisnis, aktual, tribun bebas, opini, dan lain sebagainya.

Selain rubrik sistem open tender, rubrik Majalah pun Tabloid dikerjakan oleh seluruh anggota Indikator. Proses pengerjaan dilakukan atas beberapa tahapan yang telah LPM Indikator tetapkan, yaitu manajemen redaksi. Manajemen redaksi terdiri atas penggalian ide, TOR (outline, draft pertanyaan, target operation), reportase, menulis, editing, layout, cek display, naik cetak, dan terbit. Saat ini, proses pengerjaan laporan besar Majalah dan Tabloid sedang memasuki tahap penggalian ide. Di dalam tahapan penggalian ide, kami mengumpulkan data baik primer maupun sekunder sesuai pemenuhan kebutuhan tema yang akan diajukan. Pengumpulan data primer dilakukan langsung kepada narasumber yang dirasa cakap sesuai bidang tema yang dikerjakan. Mengingat lingkup Majalah Indikator adalah nasional dan Tabloid Indimaknews yaitu kota Malang, proses pencarian data pun dilakukan dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Yogyakarta, Solo, Jakarta, dan Bandung.

Tidak hanya proses, timeline penggarapan pun sudah ditetapkan. Kami menargetkan produk Tabloid Indimaknews dapat terbit pada 19 Mei 2019 dan Majalah Indikator pada 10 Agustus 2019. Besar harapan kami agar majalah dan tabloid ini dapat terbit tepat waktu dan sampai pada tangan pembaca, khususnya civitas akademika FEB UB. Selain itu, kami juga mengharapkan adanya dukungan serta kontribusi masyarakat dalam perjalanan majalah dan tabloid ini.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan