Probinmaba FEB-UB , Melatih Mahasiswa Baru menghadapi Dunia Kampus

APMBA International Conference on Management and Business Science (AICMBS) 2013
6 September 2013
Hasil seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Akuntansi Jalur Profesional Khusus TA. 2013/2014
6 September 2013

 

Program Pembinaan Mahasiswa Baru (Probinmaba) tahun angkatan 2013 telah usai diadakan pada tanggal 6-7 September 2013. Selama dua hari tersebut, para mahasiswa baru FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) telah diberi pembinaan guna menghadapi dunia kampus yang sangat berbeda dengan sekolah menengah, seperti yang diutarakan oleh Ketua Pelaksana Probinmaba FEB 2013, Estu Unggul Derajat “Dunia kampus yang berbeda dengan sekolah menengah, merupakan salah satu latar belakang diadakannya Probinmaba”. Tercatat, 927 mahasiswa baru menjadi peserta dalam kegiatan kali ini.Mengusung tema HEROES dengan logo berkarakter Indonesia, kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat kerja keras dari panitia yang telah mempersiapkannya lebih dari satu bulan.

Pada hari pertama, Prof. Candra Fajri Ananda., SE., MSc., Ph.D selaku dekan FEB, membuka langsung kegiatan ini. Tak hanya membuka, namun dekan juga memperkenalkan jajaran Dekanat dan Pejabat Struktural kepada para peserta Probinmaba. Pada hari pertama, mahasiswa baru sempat diarahkan menuju sejumlah ruangan, guna mendapatkan materi tentang profil FEB, meliputi Visi, Misi, Sejarah, Fungsi dan Tujuan. Diberikan pula materi mengenai SKS (Sistem Kredit Semester) yang akan mereka jalani dalam perkuliahan. Tak ketinggalan materi Penyelenggaraan Pendidikan di FEB, meliputi Tugas Akhir, Ujian Akhir Studi, Etika Akademik, Tata Tertib, dan Kurikulum. Kemudian para mahasiswa baru dibagi ke dalam tiga kelompok sesuai jurusan, yakni Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi untuk mendapatkan materi tentang materi SIAKAD UB dan Teknologi Informasi FEB.

Sementara pada hari kedua, para peserta mendapatkan materi tentang Lingkungan Hidup, Sosial dan Budaya. Materi tentang lingkungan hidup disampaikan oleh perwakilan MYG (Malang Youth Generationi), materi tentang sosial disampaikan oleh perwakilan dari Save Street Child Malang, sedangkan mengenai Budaya disampaikan oleh Dwi Cahyono (Ketua Yayasan Inggil). Kemudian para mahasiswa baru dibagi kedalam tiga kelompok sesuai dengan jurusan masing-masing untuk mengikuti penyampaian materi tentang masing-masing jurusan. Mulai dari profil jurusan mereka hingga prospek tiap-tiap jurusan. Terdapat pula sekilas penyampaian materi tentang ospek jurusan. Usai mengikuti penyampaian sejumlah materi, para peserta mengikuti salah satu agenda yang menarik, yakni Speak Up for Nationdengan tema Implementasi Asean Economic Commuinity 2015. Para peserta dibagi kedalam beberapa kelompok diskusi, dan didalam tiap kelompok tersebut, dibagi lagi menjadi empat kelompok. Keempat kelompok tersebut mewakili Pemerintah, Pengusaha UMKM, Pengusaha Multi Nasional dan Mahasiswa. Para mahasiswa saling menyampaikan pendapat dan berdebat dengan sangat menarik. Tampaknya mereka sudah cukup mengetahui tentang Asean Economic Commuinity 2015, mereka tak ketinggalan informasi tentang isu ekonomi terkini, tentunya ini merupakan pertanda baik bagi proses pembelajaran mereka ke depan. “Kami angkatan 2013 yakin, mampu memberi perubahan pada Indonesia di masa yang akan datang.” ujar salah seorang mahasiswa baru.

Dalam probinmaba, mahasiswa baru dikenalkan dengan berbagai kegiatan akademik, non akademik dan kemahasiswaan yang ada di FEB. Juga dididik untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab pada diri sendiri.Tak lupa, pendidikan karakter pun turut dalam kegiatan kali ini. Pendidikan karakter yang diterapkan kepada para mahasiswa baru meliputi beberapa aspek, yakni Intelektualitas, Cinta Tanah Air, Religiusitas, Kekeluargaan, Entrepreunership, Kepemimpinan dan Peduli Sosial. “Probinmaba FEB-UB HEROES 2013 merupakan awal bagi para mahasiswa baru untuk menempuh kehidupan kampus yang sebenarnya. Semoga mereka mampu menerapkan berbagai hal yang telah mereka dapatkan dalam kegiatan ini dalam bidang akademik, non akademik dan kemahasiswaan.” ujar Ketua Pelaksana, Estu Unggul Derajat ketika diwawancara. (azm/ris)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan