Prof. Eko Ganis Sukoharsono sebagai Tim Akreditasi Internasional untuk School of Business, Kobe University, Japan

Program Magister Akuntansi Terus Meningkatkan Kerja Sama dengan Lembaga-lembaga Profesional Internasional
31 December 2013
Kunjungan Siswa SMA 4 Takengon Aceh Tengah Di FEB UB
17 January 2014

Pada penghujung tahun 2013 lalu, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB)  , Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE, Mcom-Hons, CSRS, Ph.D, melakukan perjalanan ke Kobe University-Jepang untuk melaksanakan tugas On-Site Interview sebagai Tim Asesor The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow 21 (ABEST21), sebuah badan akreditasi internasional yang berbasis di  Tokyo, Jepang.

School of Business, Kobe University telah memperoleh akreditasi internasional dari ABEST21 pada tahun 2009. Untuk memperpanjang akreditasinya (masa berlaku akreditasi 5 tahun), Kobe University harus memberikan permintaan perpanjangan dengan mengirimkan Progress Report. Progress Report tersebut yang dievaluasi oleh Prof Eko Ganis, yang kemudian dilakukan On-Site Interview. Tim Interviewer beranggotakan 5 pakar dibidang bisnis yaitu 2 pakar dari Japan, 1 dari China, 1 dari Malaysia dan 1 dari Indonesia (Prof Eko Ganis).

Kepercayaan ini mencatatkan UB, khusus nya FEB UB, masuk di jajaran universitas terkemuka di dunia yang berperan dalam akreditasi internasional. “Belum banyak program studi di Indonesia yang terakreditasi internasional. UB melalui FEB UB sejak 2012 telah tercatat  dengan torehan berakreditasi internasional”, jelas Prof Eko Ganis.

Menurut Prof Eko Ganis, pengalaman ini penting sekali untuk menimba ilmu dalam upaya mempertahankan akreditasi internasional FEB UB yang diperoleh tahun 2012. Untuk mempertahankan akreditasi dari ABEST21, FEB UB harus membuat Improvement Report tiap tahun dan Progress Report diakhir berlakunya masa akreditasi (masa berlaku akreditasi 5 tahun atau tahun 2017).

Perjalanan Prof Eko Ganis pada Desember lalu, adalah kali kedua perjalanan beliau ke Jepang sebagai salah satu Tim Asesor ABEST21. Keterlibatan beliau dalam ABEST21 merupakan suatu kebanggaan karena dipercaya sebagai tim asesor akreditasi internasional. Pengalaman Prof Eko Ganis ini melengkapi pengalaman sebelumnya setelah dipercaya sebagai tim asesor untuk Chiang Mai University, Thailand, pada tahun 2012. (Prof Eko Ganis/ris)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan