<!–:en–>Public Speaking and Design Training LSME FEB UB<!–:–><!–:id–>Pelatihan Public Speaking dan Desain LSME FEB UB<!–:–>

Prof. Munawar Ph. D. : Kesadaran Domestik Terkait Investasi Harus Ditingkatkan
21 May 2015
<!–:en–>Upgrading Penelitian LSME 2015: Light Up Your World by Research<!–:–><!–:id–>Upgrading Penelitian LSME 2015: Light Up Your World by Research<!–:–>
21 May 2015

Pada hari Sabtu, tanggal 11 April 2015 bertempat di gedung D ruang D-6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya telah diadakan Pelatihan Public Speaking dan Desain. Kegiatan tersebut merupakan program kerja tahunan Departemen Humas,Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi (LSME). Dengan bertemakan “Inspiring People With Your Words and Make A Change With Your Design ”.

Pesiapan panitia dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan telah dimulai dari dua bulan sebelumnya hingga hari H acara tersebut. Panitia bahu-membahu untuk mewujudkan kegiatan tersebut agar tujuan dan sasaran dari program kerja LSME terlaksana, serta pelatihan desain ini adalah kali pertama LSME membuat nya. Pencetus dari lahirnya kegiatan ini adalah Globalisasi yang menerjang Indonesia.

Walaupun Globalisasi adalah hal yang positif namun adakala nya memberi dampak kontradiksi dalam kenyataan nya. Mahasiswa menjadi kurang aktif dalam berpikir kritis dan menulis sebagai salah satu ‘senjata’ untuk menyuarakan pendapat dan pemikiran. Disamping itu juga LSME menyadari bahwa mahasiswa adalah Stake Holder di masa yang akan datang, dan tujuan kegiatan kali ini adalah untuk memicu semangat baru mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan memasyarakatkan penulisan sehingga mahasiswa memiliki kemauan serta dorongan untuk menulis serta kemampuan untuk bersaing di era Globalisasi.

Peserta merupakan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan terbatas bagi 40 orang peserta dan gratis tanpa dipungut biaya apapun. Peserta hanya diminta untuk membawa Laptop/notebook pribadi dan para panitia akan membantu memberikan program dasar yang akan digunakan sebagai sarana pembelajaran ketika Pelatihan Public Speaking dan Desain berlangsung.

Registrasi untuk peserta di buka mulai dari jam 07:30 dan peserta terus berdatangan hingga akan di mulai nya acara. Setelah registrasi para peserta mendapatkan Snack sebagai pengganjal perut di pagi hari untuk menunjang kegiatan hari itu. Acara di mulai sekitar pukul 08.30 dan di buka oleh pembawa acara Mas Ulwan lalu kata sambutan oleh Ketua Pelaksana Pelatihan Public Speaking dan Desain yakni Winda Aulinda serta di sambung oleh Ketua Umum LSME FEB yakni Diana Nurindasari.

Setelah kata sambutan selesai, sekitar pukul 09:00 pembawa acara membacakan susunan acara hari itu dan menyerukan jargon LSME untuk memacu semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan. Para peserta tampak sangat antusias dan tertawa diselingi oleh jargon dari LSME.

Tepat pukul 09:10 pembawa acara mengenalkan pemateri kegiatan tersebut yakni Muhammad Fuad Nasvian, M.Ikom dan Rinaldi Syahputra mereka adalah salah satu alumnus Universitas Brawijaya jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2007. Pemateri mulai menyampaikan materi nya dan dimulai dengan pelatihan public speaking. Sebelum nya pemateri memberikan sedikit permainan kepada peserta, yakni para peserta diminta untuk memberikan penilaian baik dan buruk terhadap diri nya sendiri, lalu peserta lain akan menambahkan penilaian baik dan buruk ke peserta tersebut dan begitu seterusnya. Tujuan dari permainan tersebut adalah agar setiap manusia belajar untuk memahami karakteristik diri sendiri agar menjadi orang yang lebih baik kedepannya.

Selang sekitar 1 jam pemateri memberikan materi serta tips & trik dalam cara berkomunikasi, peserta di perkenankan untuk bertanya kepada pemateri. Setelah tanya dan jawab telah selesai, panitia mengadakan ice breaking kepada peserta yakni peserta di minta untuk berkelompok dan menyusun kertas angka-angka yang diberikan oleh panitia. Permainan tersebut meminta agar para peserta dapat membuat susunan angka tertinggi mulai dari perkalian, pembagian, penambahan, pangkat agar dapat menjadi satu kesatuan angka yang dijumlahkan besar. Peserta berlomba-lomba agar kelompoknya dapat memenangkan permainan tersebut dan menjadi pemenang.

Setelah ice breaking selesai yakni sekitar pukul 10.25 materi dilanjutkan untuk pelatihan desain. Peserta diminta untuk membuka laptop/notebook masing-masing dan menggunakan aplikasi Corel Draw. Panitia berada di sekitar peserta untuk menolong peserta yang kesulitan dalam menjalanlkan aplikasi. Kurang lebih sekitar 60 menit peserta telah selesai membuat dasar desain bagi pemula dan peserta diperkenankan untuk bertanya kepada pemateri.

Dan tiba lah pada saat penutupan acara pukul 11.45 yang ditutup oleh pembawa acara serta diikuti dengan doa oleh para peserta dan panitia. Telah selesai lah rangkaian acara Pelatihan Public Speaking dan Desain tahun 2015.

Evaluasi dari rapat panitia setelah acara:

  1. Acara lebih dikondisikan, panitia jangan lagi ada yang terlambat serta bila acara berlangsung panitia lebih baik di dalam ruangan serta mengikuti acara yang berlangsung
  2. Junkis minimal H-1 acara. Untuk kegiatan kali ini, esensi dalam public speaking nya kurang namun dalam pelatihan desain nya sudah lebih bagus.
  3. Tidak disiapkan absen PH(Pengurus Harian) namun konsep sudah lebih bagus dan rapih walaupun ada keterlambatan acara selama setengah jam
  4. Divisi bagian Perlengkapan diharapkan untuk lebih sigap dan lebih mau bekerja untuk mengurus izin meminjam ruangan, barang, dll. Lebih ditingkatkan kinerja nya
  5. Diharapkan lebih di komunikasi kan lagi antara panitia dan pemateri yang ada agar dapat menghasilkan acara yang lebih rapih serta tujuan acara tercapai.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan