RANTAI SPESIAL

Keagamaan Dan Sopan Santun Dalam Lomba Tari Saman
6 April 2019
Keagamaan Dan Sopan Santun Dalam Lomba Tari Saman
6 April 2019
  1. LATAR BELAKANG

Ekonomi Islam dalam tiga dasawarsa ini mengalami kemajuan yang pesat, baik dalam kajian akademis di perguruan tinggi maupun dalam praktek operasional. Dalam bentuk pengajaran, ekonomi Islam telah dikembangkan di beberapa universitas baik di negara-negara dengan populasi masyarakat muslim, maupun di negara-negara barat, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Iain-lain. Di Indonesia, perkembangan pembelajaran dan pelaksanaan ekonomi Islam juga telah mengalami kemajuan yang pesat. Pembelajaran tentang ekonomi Islam telah diajarkan di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Dengan perkembangan Ekonomi Islam yang semakin pesat, maka beberapa Instansi atau pun lembaga mengadakan forum pengkajian rutin dan penambah wawasan berbetuk ajang perlombaan. Ajang perlombaan terkait ekonomi Islam telah digalakkan dan semakin menjamur domestik maupun di kancah mancanegara.

Perlombaan terkait ekonomi Islam tersebut memiliki banyak bentuk dan macamnya. Beberapa contoh bentuk perlombaan-perlombaan tersebut adalah seperti olimpiade ekonomi Islam, lomba karya tulis ekonomi Islam, debat ekonomi Islam dan business plan ekonomi Islam yang dapat kita temui setiap tahunnya di berbagai daerah di Indonesia dan juga di luar negeri. Yang perlu digaris bawahi dalam hal ini adalah berbagai bentuk perlombaan tersebut secara keseluruhan tentu saja sangat mengedepankan kemampuan berbicara di depan umum. Contoh paling sederhananya setidaknya para peserte lomba akan diminta untuk mempresentasikan hasil karya mereka ataupun yang lainnya. Dan tidak lupa pula para juri tidak jarang memberikan bobot nilai yang sangat tinggi dalam hal presentasi dan penyampaian hasil karya peserta lomba.

Bergerak dari hal tersebut di atas, Center for Islamic Economic Studies pun sadar akan pentingnya memiliki ilmu dan kemampuan dalam mempraktikkan presentasi dan pemberian penyampaian materi dengan baik dan sesuai. Oleh karenanya, Center for Islamic Economic bermaksud untuk menyelenggarakan acara Rantai Spesial. Suatu acara yang akan menjadi salah

satu wadah dalam menimba ilmu dan wawasan serta pengalaman-pengalaman dalam hal presentasi dan penyampaian materi yang dibutuhkan bagi para calon-calon peserta lomba pada khusunya dan seluruh mahasiswa sebagai civitas akademika yang aktif di bangku perkuliahan khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya guna mempersiapkan diri untuk mengikuti event-event lomba baik nasional maupun internasional. Dengan titik fokus tersebut maka acara Rantai Spesial ini akan mengusung tema bertajuk The Art Of Presentation Delivering: How To Become A Confident, Effective, and Engaging Presenter”. Pengambilan dan pemutusan tema ini diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta acara Rantai Spesial tersebut dan akan menjadi solusi dalam rangka meningkatkan kemampuan/softskill mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya untuk dapat menyongsong ajang perlombaan ekonomi Islam di tingkat nasional maupun internasional.

Wallahua’lam Bi Ash-Showwab.

  1. TEMA KEGIATAN

The Art Of Presentation Delivering: How To Become A Confident, Effective, and Engaging Presenter”.

 

 

  • MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
  1. Sebagai wadah yang memfasilitasi para kader CIES dan mahasiswa Universitas Brawijaya khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk mempersiapkan diri dan menambah kesiapan dalam rangka mengikuti ajang perlombaan tentang ekonomi Islam pada khususnya dan kegiatan akademik mahasiswa pada umumnya baik dalam lingkungan kampus maupun di luar kampus.

 

  1. Memberikan tambahan pelatihan dan pemahaman mengenai Teknik-teknik dalam penyampaian materi presentasi yang baik dan benar terkhusus untuk persiapan dalam ajang perlombaan/musabaqoh maupun selama kegiatan belajar mengajar di kelas yang dijalani tiap mahasiswa.
  1. Menumbuhkan sikap saling terbuka dan berbagi/sharing experience di antara para pemateri maupun para peserta yang menghadiri acara Rantai Spesial.

 

  1. PELAKSANAAN KEGIATAN

RANTAI SPESIAL

Pelaksanaan           : SABTU, 06 APRIL 2019

Waktu                   : 07.00-12.00 WIB

Tempat                  : GEDUNG UTAMA LT.3 FEB UB

Tema                     : The Art Of Presentation Delivering: How To Become A Confident, Effective, and Engaging Presenter”.

Pemateri                : Pembicara merupakan mahasiswa berprestasi dan berpengalaman yang akan menyampaikan terkait hal-hal dalam presentasi dan penyampaian materi

 

  1. SUSUNAN ACARA 06 APRIL 2019
No. Agenda Waktu (WIB) Keterangan
1. Briefing Panitia dan Penataan Venue 07.00 – 08.00 Tempat :

 

Aula Gedung Utama Lt. 3

2. Registrasi Peserta 08.00 – 08.30
3. Pembukaan Acara 08.30 – 08.35
4. Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an 08.35 – 08.40
5. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya 08.40 – 08.45
6. Sambutan Kapel / Kadept 08.45 – 08.50
7. Sambutan COC 08.50 – 09.00
8. Pemateri 1 09.00 – 09.45
9. Tanya Jawan Sesi 1 dan Doorprize 09.45 – 10.00
10. Pemateri 2 10.00 – 10.45
11. Tanya Jawab Sesi 2 dan Doorprize 10.45 – 11.00
12. Penutupan Acara 11.00 – 11.05
13. Foto Bersama 11.05 – 11.10
14. Evaluasi Panitia dan Bersih-bersih 11.10 – 11.40

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan