Rise of Indonesian Enterpreneur Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi

CHARTY EVENT 2015 Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi
6 November 2015
(Indonesia) Auditing Update Series II 2015: Menelaah Lebih Dalam tentang Audit Planning dan Risk Assesment
10 November 2015

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara, berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 237.641.326 juta jiwa sekaligus menjadikan negara Indonesia dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Dengan jumlah penduduk yang sebesar itu, Indonesia secara ekonomi belum bisa digolongkan menjadi negara maju karena Produk Domestik Bruto per kapita Indonesia hanya menduduki peringkat 115 dengan angka 1.925 USD per kapita dan jumlah penduduk miskin di Indonesia yang mencapai angka 12.03% atau sekitar 28.594.175 juta jiwa.

Untuk mengatasi kemiskinan ini peran pemerintah sangatlah penting begitu juga masyarakat harus ikut  Mengambil peranan untuk mengatasai kemiskinan ini dengan cara membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
atau bisa disebut dengan seorang wirausahawan. Berdasarkan data yang ada, jumlah wirausahawan di Indonesia masih tergolong rendah karena hanya mencapai angka 1,6 % atau sekitar 3.802.261 juta jiwa penduduk, sementara idealnya suatu negara adalah ketika jumlah wirausahawannya mencapai angka 2 % dari total jumlah penduduknya, peran wirausahawan sendiri sangatlah membantu bagi memajukan kesejahteraan suatu negara, karena dengan mempunyai keterampilan untuk mengelola dan mengatur usaha produksi.

E-Journey 2015 ini diranncang dengan menggabungkan kegiatan pembelajaran dan wisata. Dikatakan pembelajaran karena diharapkan dari kegiatan ini para peserta memperoleh ilmu-ilmu dalam berwirausaha.
Dengan wisata juga para peserta dapat refreshing dan bersantai tetapi tetap memperoleh sesuatu yang bermanfaat dari pembelajaran tadi.

Kegiatan E-Journey 2015 ini berupa kunjungan ke instansi dan perusahaan. Dengan mengunjungi instansi para peserta diharapkan mengetahui tentang perkembangan industri serta usaha-usaha yang ada di Indonesia. Dengan kunjungan ke perusahaan, para peserta dapat mengetahui usaha-usaha apa saja yang bisa di kembangkan bahkan diciptakan sehingga  dapat membuka lapangan pekerjaan di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan para peserta mendapatkan semangat untuk berwirausaha.

TEMA KEGIATAN

Tema dari kegiatan ini adalah “Rise of Indonesian Enterpreneur.”

PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Hari : Senin s.d Jumat
Tanggal : 09 November 2015 s.d 13 November 2015

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)