SCCB (Spiritual Coaching and Character Building)

KAFEBREK 2019 FORSTILLING FEB UB
21 February 2019
All ‘Bout Girl(ABG) FORSTILLING FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA
23 February 2019

SCCB (Spiritual Coaching and Character Building) merupakan rangkaian kegiatan pembinaan spiritual yang akan membentuk pribadi muslim menjadi muslim yang lebih baik dan berkarakter. Maka dari itu, kegiatan ini dibuat oleh Forum Studi Islam dan Lingkungan (FORSTILLING) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang bagi mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya khususnya yang muslim untuk menumbuhkan semangat belajar dalam mempelajari Islam dan mampu menyelesaikan persoalan yang ada dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sudut pandang Islam. Adapun tema yang diangkat dalam rangkaian acara ini adalah “Membina dan Membentuk Generasi yang Berkepribadian Islam”. Harapannya dengan kegiatan-kegiatan positif yang akan diadakan ini dapat memberi dampak yang signifikan dan tentunya mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi sebagian besar mahasiswa dan mahasiswi muslim FEB UB akan kesadaran diri sebagai hamba Allah dan ummat terbaik yang kelak akan mengantarkan Islam pada kejayaan dan membumikan kebenaran melalui mentoring.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan adanya perekrutan mentor oleh Biro Mentoring yang ada di Forstilling. Mentor-mentor ini diseleksi berdasarkan dengan standart yang sudah ditentukan dari mentoring pusat Universitas Brawijaya. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Upgrading Mentor yang rencananya akan dilaksakan sebanyak 6 kali. Dalam kegiatan ini mentor-mentor yang sudah terpilih akan dibekali dengan berbagai macam ilmu pengetahuan oleh seorang pemateri dengan harapan mentor yang terpilih ini nantinya akan mampu mengajarkan dan membina anggotanya.

Upgrading Mentor pertama dilaksana pada hari Sabtu, 23 Februari 2019. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di Surau Ar-Rahman. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dari MC yang dibawakan oleh Naufal Amiruddin dan lantunan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan oleh Rendy Zulvfan Maulana Rasyid. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dibawakan oleh Ustadz Muhammad Tanzil Furqon, beliau adalah seorang Dosen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Materi yang disampaiakn pada hari itu berisi tentang bagaimana cara berdakwah, teknik-teknik dalam menyampaikan dakwah terhadap Mahasiswa dan kesalahan-kesalahan apa saja yang seharusnya tidak dilakukan ketika sedang berdakwah di depan banyak orang. Pada pukul 10.00 WIB, materi pun berakhir dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta dan dilanjutkan dengan forum rutin mentor. Sesi tanya jawab pun berakhir pada pukul 11.00 WIB sekaligus mengakhiri agenda upgrading di hari itu. Untuk Upgrading Mentor kedua akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2019 mendatang.

Dalam angkaian kegiatan terakhir dari program ini Forstilling akan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk melaksanakan kegiatan SCCB yang akan diadakan ketika PKKMABA 2019 berlangsung. SCCB  akan dilaksanakan dua kali pertemuan pada rangkaian PKKMABA 2019.

            Setelah semua rangkaian SCCB berakhir, nantinya akan diadakan pendataan  oleh para mentor untuk para Mahasiswa Baru yang ingin melanjutkan mentoring diluar yang diwajibkan oleh panitia PKKMABA selama dua kali pertemuan tersebut. Para MABA yang telah tercatat berkeinginan untuk melanjutkan mentoring, akan tetap melakukan mentoring tiap satu minggu sekali sampai akhir bulan Oktober 2019.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan