Self Development Training (SDT) 2019

BERITA ACARA STUDI BANDING HIMPUNAN MAHASISWA PASCASARJANA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2019
21 April 2019
Perempuan dalam Disrupsi
22 April 2019

Self Development Training (SDT) 2019 merupakan sebuah rangkaian acara yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia masyarakat Indonesia yang memiliki soft skill yang unggul sebagai keterampilan personal dan intrapersonal, dan kemudian menjadi nilai kualitas tambahan yang diperlukan di masa sekarang maupun masa depan.

Dimana ini menjadi langkah awal dari masyarakat untuk meningkatkan mutu dan kualitas dirinya untuk bersaing dalam dunia pekerjaan, khususnya di era globalisasi saat ini. Karena Perkembangan di dunia pendidikan, ekonomi, budaya, dan transportasi menuntut manusia untuk memiliki kecerdasan yang tidak hanya didapatkan dari dalam kelas pelajaran atau lembaga formal lainnya (hard skill), namun dalam berhubungan dan bersosialisasi pun harus memiliki keahlian dan keterampilan diri yang memadai (soft skill).

Permasalahan utama di Indonesia khususnya di bidang pendidikan adalah mematok nilai seseorang bedasarkan kuantitas (angka). Sedangkan kebutuhan peningkatan dalam kompetisi kualitas sumber daya manusia harus mampu dalam menghasilkan calon-calon penerus bangsa yang memiliki daya saing tinggi, yakni menambah nilai plus mereka dari segi kualitasnya.

Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintah, dan bisnis. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Dan kata yang diucapkan bahkan bisa lebih kuat daripada kata-kata tertulis di tangan pembicara yang tepat. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Robes 2012, menyebutkan bahwasannya public speaking merupakan salah satu skill yang dibutuhkan dalam perspektif bisnis eksekutif. Oleh karenanya, di persaingan global yang semakin kompetitif ini, sudah sepantasnya kita sebagai kaum intelektual muda, sadar akan pentingnya pengembangan kemampuan dalam diri kita. Dalam hal ini, yaitu public speaking.  Agar kita mampu memiliki value yang setidaknya bisa kita tawarkan ke banyak orang, dan meningkatkan kepercayaan diri kita.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka sangat perlu diadakan kegiatan berupa pelatihan yang dapat memberi solusi atas kebutuhan masyarakat Indonesia dalam upaya pengembangan soft skill khususnya di bidang puclic speaking agar dapat bersaing dalam perkembangan zaman ini. Hal ini bertujuan untuk merealisasikan sumber daya manusia Negara Indonesia yang berkompeten dan siap bersaing di kancah nasional maupun internasional karena memiliki nilai plus tersendiri, seperti keahlian dan keterampilan diri.

Tema dari kegiatan Self Development Training (SDT) 2019 adalah The Art of Communicationdengan bentuk kegiatannya yakni berupa pelatihan dan talk show.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam 4 rangkaian yaitu pada hari Minggu, 21 April 2019 (Kelas Pengembangan 1); pada hari Sabtu, 4 Mei 2019 (Kelas Pengembangan 2); pada hari Minggu, 29 September 2019 (Kelas Pengembangan 3) untuk kegiatan pelatihannya; dan pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 untuk kegiatan talk show.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)