Seminar Kiat Menembus Jurnal Internasional Bereputasi

DELEGASI DALAM PIMNAS NON PKM DI UNIVERSITAS UDAYANA
28 August 2019
INCEPTION FEB UB Hadir Membawa Gerakan Diet Plastik
29 August 2019

Malang – Hari ini (28/08/2019) telah berlangsung acara Seminar bertemakan “Kiat Menembus Jurnal Internasional Bereputasi” di Aula gedung F lantai 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Acara ini diikuti oleh mahasiswa Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) dan peserta umum.
Seminar ini juga menghadirkan Dr. Syaiful Iqbal, Ak., CA., CPMA (Q1 Scopus Author, Dosen FEB UB) dan Ani Wilujeng Suryani, SE., M.AcctgFin., Ph.D (Q1 Scopus Author, Dosen FE UM) sebagai pemateri, dan Puteri Wulanditya, SE., M.Ak., CPSAK (Dosen Akuntansi STIE Perbanas) sebagai moderator.
Seminar yang digagas oleh mahsiswa PDIA FEB UB ini dilatarbelakangi oleh adanya Peraturan Rektor yang mewajibkan mahasiswa Program Doktor untuk publikasi jurnal internasional bereputasi sebagai salah satu syarat kelulusan.
Dalam kesempatan ini, Syaiful Iqbal memaparkan materi tentang “It Is Really Possible to Publish Paper in Scopus Q1”, sedangkan Ani Wilujeng memaparkan materi tentang “How to Successfully Publish in A Journal”.
Dalam pemaparannya, Syaiful Iqbal menyampaikan bahwa terdapat dua syarat utama untuk bisa mempublikasikan jurnal, yang pertama adalah harus ada papernya dan yang kedua adalah mendapatkan acceptance letter. Beliau juga membeberkan penyebab paper ditolak, diantaranya ide, tidak kontributif, teori lemah, dan kualitas menulis yang buruk.
Lain hal dengan Ani Wilujeng yang memberikan beberapa strategi untuk publikasi jurnal, diantaranya menulis banyak paper untuk dijadikan stock, sering membaca, dan lain sebagainya. Beliau juga menghimbau untuk tidak patah semangat apabila balasan email dari jurnalnya lama. “Semakin lama balasan emailnya, semakin bagus”katanya.
Sebelum acara berakhir, terdapat sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat untuk pemateri yang diwakili oleh Dr. Aulia Fuad Rahman, SE., M.Si., Ak. selaku Ketua Program Doktor Akuntansi FEB UB.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya