Seminar Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB

Call for Papers Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB
19 April 2012
Sidang Komisi dan Perumusan Cetak Biru (Blue Print) Arsitektur Pendidikan Akuntansi Indonesia KNPAI-JAFEB UB
20 April 2012

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) telah melaksanakan Seminar Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) pada hari Rabu-Kamis (18-19/4). Seminar tersebut dilaksanakan di Widyaloka Convention Hall, UB. Tema yang diusung adalah “Konstruksi Arsitektur Pendidikan Akuntansi Berbasis Pancasila untuk Penguatan Jati Diri Bangsa”.

Materi seminar di hari pertama, Rabu (18/4), yakni tentang Konsep Arsitektur Pendidikan Akuntansi Indonesia yang disampaikan oleh Dewan Pengurus Nasional IAI (Dr. Khomsiyah, MM., Ak), Karakter Pancasila dalam Pendidikan Indonesia, dan Akselerasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Indonesia dan Pembangunan Karakter Bangsa yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Prof. Ainun Na’im, MBA., Ph.D), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Prof. Kamanto Sunarto, SH., Ph.D), dan Taman Siswa (Prof. Dr. Edy Swasono).

Seminar di hari kedua, Kamis (19/4), terdapat beberapa materi yang dipresentasikan, diantaranya adalah: Konsep Standar Pendidikan Akuntansi Indonesia yang disampaikan oleh Dewan Pengurus Nasional IAI (Dr. Khomsiyah, MM., Ak) dan IAI Kompartemen Akuntan Pendidik (Prof. Dr. Edy R. Rasyid, M.Com, Ak), Kualifikasi Profesional dan Sinergi dalam Membangun Karakter Bangsa melalui Pendidikan Tinggi Akuntansi yang disampaikan oleh Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai /PPAJP (Langgeng Subur, MBA, Ak), Perwakilan Komite Evaluasi dan Rekomendasi Pendidikan Profesi Akuntansi /KERPPA (Prof. Dr. Indra Wijaya K, MBA, MSA, Ak), Gugus Irianto, MSA, Ph.D, Ak, dan Prof. Iwan Triyuwono, Ph.D, Ak. Selanjutnya ditutup dengan seminar terakhir yakni tentang Penguatan Jati Diri Bangsa dalam Internasionalisasi Pendidikan Akuntansi yang disampaikan oleh Gugus Irianto, MSA, Ph.D, Ak, Supriyadi, Ph.D, Ak, dan Dr. Dwi Martani, Ak.

Pada dasarnya, keseluruhan materi seminar tersebut menjelaskan tentang Konsep Arsitektur dan Standar Pendidikan Akuntansi Indonesia. Selanjutnya konsep-konsep dasar tersebut dibangun dan dibentuk dengan basis Pancasila untuk menguatkan jati diri bangsa. (mir)