"Serving for Caring, EcoCare to Share"

Share and Listen 2016: ”Kenali Jurusanmu, Kenali Konsentrasimu”
28 April 2016
SCIENTIFIC WRITING COMPETITION OF “ECONOMIC OPERATION III” UNIVERSITY RIAU
3 May 2016

Mahasiswa memiliki kedudukan penting dalam suatu bangsa. Mahasiswa sebagai human resources artinya mahasiswa juga merupakan  salah satu aset bangsa yang terpenting dengan perantara berupa pendidikan yang diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat bermanfaat bagi negara khususnya masyarakat. Dalam hal ini, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan perannya sebagai mahasiswa yaitu mahasiswa sebagai agent of change, agent of social control, serta iron stock, dimana peran-peran tersebut harusnya diimplementasikan kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama makhluk sosial.

Sebagai makhluk sosial yang juga memiliki peran, mahasiswa patutnya memiliki rasa kepedulian terhadap sesama terutama dalam hal pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Pendidikan merupakan roda penggerak kemajuan suatu bangsa, karena pendidikan dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia yang menjadi investasi negara. Namun pada kenyataannya, pemerataan sistem pendidikan di Indonesia belum teraktualisasi dengan baik. Masih banyak sekolah-sekolah yang masih dalam kondisi tidak layak untuk disebut sebagai “sekolah” dimana sekolah merupakan tempat terjadinya kegiatan belajar dan mengajar. Maka dari itu, mahasiswa harus ikut andil dalam membantu masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Selain pendidikan, kesejahteraan masyarakat juga merupakan hal penting untuk ditingkatkan.

Melalui peran-peran mahasiswa, rasa  kepedulian tersebut dapat diimplementasikaan melalui kegiatan sosial berupa kegiatan belajar dan mengajar secara efektif dan efisien dengan anak-anak di desa tertinggal dan dapat juga berupa kegiatan bakti sosial dengan masyarakat Malang secara umum sebagai sasarannya. Kegiatan tersebut akan dikemas dalam suatu program sosial yang bernama  Economics Care 2016 atau ECOCARE 2016  yang dinaungi oleh Lembaga Otonom, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJIE), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Melalui program sosial tersebut, mahasiswa Ilmu Ekonomi mencoba untuk menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab dalam menjalankan peran-perannya yang tidak lain adalah untuk berguna bagi masyarakat.

Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diselenggarakannya program sosial ECOCARE 2016 ini adalah sebagai sarana bagi seluruh mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya sebagai agent of change, agent of social control serta iron stock untuk bertanggung jawab dan mengimplementasikan peran-perannya kepada masyarakat luas pada umumnya, serta ikut andil berperan baik secara aktif maupun pasif.

Tema

“Mengabdi untuk Peduli, ECOCARE untuk Berbagi”

Bentuk Kegiatan

  • Economics Care 2016 diadakan selama satu   Pada setiap semester dalam satu periode tersebut, kegiatan yang dilaksanakan mencakup kegiatan donor darah, IE Mengajar 1, Bakti Sosial 1, IE Mengajar 2 dan Bakti Sosial 2. Pada kegiatan  ini, akan diadakan open recruitment volunteer dimana para volunteer tersebut merupakan mahasiswa aktif Ilmu Ekonomi FEB yang ikut andil dalam semua rangkaian kegiatan sosial Economics Care 2016.
  • Kegiatan donor darah diadakan dua kali dalam satu periode. Untuk kegiatan donor darah yang pertama akan diadakan pada semester genap. Kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI akan diadakan pada tanggal 28 April 2016 yang bertempat di Basement FEB UB. Disela-sela kegiatan donor darah, ada juga hiburan berupa penampilan akustik dari divisi Pengembangan Minat dan Bakat HMJIE. Sedangkan untuk kegiatan donor darah yang kedua akan dilaksanakan pada semester berikutnya.
  • Kegiatan IE Mengajar 1 dan Bakti Sosial 1 pada semester genap ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2016 yang bertempat di Dusun Rancah, Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. IE Mengajar 1 memiliki tema yaitu “Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila”, dan yang menjadi peserta kegiatan ini adalah anak-anak Dusun Rancah, Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang yang berjumlah ±30 Kegiatan yang akan dilakukan memiliki esensi berupa Nasionalisme, Pancasilais, Intelektualitas, dan sebagainya, dimana kegiatan yang dilakukan berupa pengimplementasian nilai-nilai dari Pancasila. Sedangkan untuk kegiatan Bakti Sosial 1, kegiatan yang akan dilakukan berupa pembagian paket sembako kepada sebanyak 25 kepala keluarga Dusun Rancah, Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu sedikit banyaknya warga yang kurang mampu pada wilayah tersebut. Selain pembagian paket sembako, kegiatan yang dilakukan adalah kerja bakti, seperti membersihkan fasilitas umum guna menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Kegiatan IE Mengajar 1 dan Bakti Sosial 1 juga akan diadakan pada semester selanjutnya.
  • Kegiatan IE Mengajar 2 dan Bakti Sosial 2 pada semester genap ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2016 ( IE Mengajar 2) dan tanggal 9 Juni 2016 (Bakti Sosial 2). Adapun tema dari IE Mengajar 2 adalah “Ngabuburit Bareng IE”. Kegiatan ini bekerja sama dengan sebuah komunitas anak jalanan yaitu Save Street Children Malang (SSC Malang) sebagai peserta kegiatan ini. Berhubung kegiatan ini diadakan pada bulan Ramadhan, maka kegiatan yang yang dilakukan berupa aktivitas keagamaan seperti membaca Al-Qur’an, berbuka puasa bersama, sholat tarawih berjama’ah, dan sebagainya. Esensi yang didapat berupa kebersamaan dan membawa keceriaan di Bulan Ramadhan. Sedangkan kegiatan Bakti Sosial 2 memiliki tema yaitu “Bumbu Ramadhan (Berkah Karena-Mu, Berbagi untuk Ramadhan). Kegiatan sosial yang dilakukan berupa pembagian makanan/takjil kepada masyarakat Kota Malang secara acak. Esensi yang didapatkan juga berupa keceriaan di Bulan Ramadhan. Untuk IE Mengajar 2 dan Bakti Sosial 2 juga akan dilaksanakan pada semester berikutnya.

Pelaksanaan Kegiatan

            Hari                 : Donor Darah

            Tanggal           : 28 April 2016

            Tempat            : Basement FEB UB

            Hari                 : IE Mengajar 1 dan Bakti Sosial 1

            Tanggal           : 5 Mei 2016

            Tempat            : Dusun Rancah, Desa Senggreng, Malang Selatan

            Hari                 : IE Mengajar 2

            Tanggal           : 8 Juni 2016

            Tempat            : Basement dan Musholla Ar-Rahman FEB UB

            Hari                 : Bakti Sosial 2

            Tanggal           : 9 Juni 2016

            Tempat            : Kota Malang

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan