Perhelatan Shariah Economic Week VI (SEW VI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kontinuitas Kebijakan
3 April 2018
Next Level Leadership Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)
5 April 2018

Shariah Economic Week VI (SEW VI) diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HIMEPI UMY) pada tanggal 1-4 April 2018 bertempat di Kampus Terpadu UMY (Jalan Ringroad Selatan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta) dengan diketuai oleh Adji Pahlawan Mahdiantoro sebagai ketua pelaksananya.

Mengetahui permasalahan pentingnya mempersiapkan industri keuangan syariah dalam menyongsong Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar tahun 2024, HIMEPI UMY merasa perlu mengadakan acara edukatif bernama SEW VI dengan mengusung tema “Urgensi Industri Keuangan Syariah dalam Menyongsong Indonesia sebagai Negara Ekonomi Digital Terbesar Tahun 2024” guna mensosialisasikan seluruh stakeholder maupun civitas akademika mengenai memujudkan industri keuangan syariah dalam menyongsong Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar tahun 2024.

Terdapat 3 cabang lomba yang diperlombakan pada acara SEW VI 2018 yaitu olimpiade ekonomi Islam, debat, dan call for paper. Hari pertama yaitu tanggal 1 April 2018 merupakan hari pembukaan acara SEW VI 2018, kemudian pada hari ke dua yaitu tanggal 2 April 2018 dilakukan babak penyisihan pada cabang lomba olimpiade dan debat.

Pada tanggal 3 April 2018  telah terselenggara 3 cabang perlombaan, kelanjutan dari babak penyisihan. Yakni (1) Olimpiade, bertempat di Amphiteater Gedung KH. Ibrahim Lantai 5. Pada babak penyisihan yang diikuti oleh 33 perguruan tinggi negeri dan swasta. Juara 1 diraih oleh perwakilan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, atas nama Syafira Dyas Ayuni, Anisatun Anggraeni dan Amalia Wiguna. Juara 2 jatuh kepada Universitas Jenderal Soedirman, atas nama Indra Suryani, Siti Mutokhiroh dan Hasrin Ainun Islami sedangkan juara 3 diberikan kepada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, atas nama Muhammad Farid Fahrudin, Badriatul dan Nina Amaliya Kholidiyanti .

(2) Debat, bertempat di Ruang Sidang Fakultas Agama Islam Lantai 2 . Dari 18 tim yang telah mengikuti babak penyisihan pada hari pertama, yang berhasil melaju ke babak semifinal dan perempat final hanya ada 8 tim yang terdiri dari tim Universitas Brawijaya 2, Universitas Brawijaya 3, UMY 2, UMY 3 dan UII 2 dan Universitas Gajah Mada. Juara 1 berhasil diraih oleh tim dari  Universitas Gajah Mada, atas nama Nida Karimah, Sapnah Rahmawati dan Muhammad Noor Zuhdi selanjutnya Juara ke 2 jatuh kepada tim dari  Universitas Brawijaya 3, atas nama  Taradiva Febiola, Ajeng Permata Ramadhani dan Patrick Wandy Najoan.  Dan yang berhak mendapatkan gelar Best Speaker diberikan kepada Taradiva Febiola, dari tim Universitas Brawijaya.

(3) Paper Persentation, bertempat di Ruang Sidang gedung AR Fachrudin B lantai 5. Total peserta paper presentation sebanyak 38 peserta, kemudian diambil 12 peserta yang berhak mempersentasikan papernya dan merebut juara 1, 2 dan 3. Juara 1 berhasil diraih oleh Universitas Diponegoro atas nama Abdul Rouf, Abdul Karim dan Rima Riyanto, Juara Ke 2 Jatuh kepada Universitas Brawijaya, atas nama Dikau Tondo  Prasetyo dan Muhammad Mufli , Juara ke 3 diraih oleh Universitas  Airlangga, atas nama Ulfi Alayya, Hilda Gita Mayasari dan Arinda Dewi Nur Aini.

Pada hari terakhir yaitu tanggal 4 April 2018 merupakan hari tereselenggaranya seminar nasional yang bertempat di Ruang sidang AR Fahrudin B, lantai  5, UMY dengan tema “Transformasi Industri Perbankan Syariah dalam Era Teknologi Digital (Financial Technology)” dengan pembicaranya adalah Muhammad Sobar, S.EI, M. Sc. sebagai pemberi pandangan menurut kacamata akademisi, Ade Fauzan sebagai paraktisi dan pemangku kebijakan OJK sebagai regulator. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa prodi Ekonomi Perbankan Islam, mahasiswa UMY, peserta lomba SEW VI 2018, dan masyarakat umum.

Perhelatan SEW VI 2018 ini dapat diketahui lebih lanjut dengan mengunjungi website resminya pada http://muamalat.fai.umy.ac.id/event/shariah-economic-week-vi-sew-vi-himepi-umy/ atau juga bisa dengan mengubungi contact person berikut: +62-274-387656 dengan atas nama penyelenggaranya adalah Himpunan Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Islam UMY (HIMEPI UMY)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)