SOCIAL CAMPUS (SOSCAMP)

Prinsip Partisipatif pada Pembangunan Desa
20 May 2016
PUBLISHING BULLETIN INDIMOLOR CAMPUS LIFE ISSUE INTRODUCTION OF NEW STUDENTS (PK2MABA) FEB-UB 2016
24 May 2016

foto1

Kepedulian sosial adalah perasaan bertanggung jawab atas kesulitan yang dihadapi oleh orang lain. Kepedulian sosial merupakan nilai penting harus dimiliki oleh semua orang karna sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang tidak pernah bisa hidup sendiri.

Berjiwa sosial dan senang membantu merupakan sebuah ajaran yang universal dan dianjurkan oleh semua agama. Namun, melakukan sebuah kegiatan sosial memang tidak bisa dipaksakan karena bergantung pada kesadaran masing-masing individu. Kepekaan untuk melakukan semua itu tidak bisa tumbuh begitu saja, dibutuhkan proses melatih dan mendidik. Untuk itu mahasiswa FEB perlu wadah untuk menyalurkan aspirasi maupun tindakan dalam kegiatan sosial di kampus yang bernama social campus.

Bentuk kegiatan Social Campus ini bermacam-macam. Pertama terdapat peringatan hari-hari baik itu tentang sosial ataupun lingkungan yang erat hubungannya dengan keseharian mahasiswa. Peringatan hari ini bertujuan agar mahasiswa FEB sendiri perlunya penyadaran akan masalah-masalah sosial lingkungan yang ada di sekitar FEB. Kedua yaitu peduli lingkungan kampus dalam rangka memecahkan masalah-masalah yang terjadi di sekitar FEB seperti masalah sampah yang tidak ada habisnya di FEB, atau kebijakan kampus mengenai pembuatan ram atau jalan miring bagi mahasiswa FEB yang difabel dan masalah-masalah lainnya yang berkaitan dengan FEB. Ketiga terdapat wisata sosial yang berupa kunjungan ke panti asuhan, panti jompo, atau rumah sakit jiwa dalam rangka membuka pandangan mahasiswa mengenai masyarakat yang ada di sekitar Malang. Keempat, ada Social In News (SOSIS) yang merupakan media untuk memberikan informasi mengenai isu-isu sosial lingkungan yang terjadi di masyarakat, agar mahasiswa juga memahami isu yang sedang hangat terjadi. Terakhir adalah tanggap bencana yang meruapakan kegiatan isidental berupa penggalan dana untuk membantu korban-korban yang terkena bencana alam atau bencana kemanusiaan.

Adanya kegiatan Social Campus ini diharapkan mahasiswa FEB lebih peduli dan peka terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya baik itu di FEB atau lingkup Malang. Disamping itu, untuk teman-teman yang memiliki kesamaan pikiran dalam membangun lingkungan FEB yang asri dan bersih, serta tertarik dengan isu-isu sosial lingkungan juga diwadahi dalam Social Volunteer (Scooter).

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan