SOCIAL IN ACTION 2017 BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Training Organization 2
1 August 2017
Dampak Nilai Tukar dan Risk-Based Rating Terhadap Prediksi Kondisi Perbankan Indonesia
2 August 2017

Kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara berkembang yang masih banyak memerlukan pembangunan baik di bidang infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan sosial. Pembangunan tersebut memerlukan waktu dan melalui proses yang bertahap. Salah satu tahap penting dalam pembangunan negara melalui ruang lingkup paling dasar yakni pembangunan desa tertinggal. Dengan membangun desa tertinggal menunjukan bahwa adanya pemerataan di segala bidang tanpa memandang strata sosial.

Banyak sekali desa maupun daerah yang yang melakukan berbagai pembangunan yang pesat. Namun sangat disayangkan pemabangunan ini tidak berlangsung secara merata, masih banyak dijumpai adanya pembangunan desa yang kurang maksimal dari segi lingkungan yang terutama mencakup pembangunan ekonomi, sarana dan prasarana, sosial, maupun pendidikan serta sumber daya manusianya. Hakekat pembangunan desa bertujuan untuk memperbaiki kondisi dan taraf hidup masyarakat. Disamping itu harapannya pembangunan dan hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat secara keseluruhan dan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi serta tercapainya stabilitas keamanan wilayah yang sehat dan dinamis.

Salah satu dusun tertinggal yang membutuhkan pembangunan lebih adalah Dusun Pusung, Desa Wonorejo. Dusun Pusung terletak di daerah kaki Gunung Arjuna. Kondisi geografis yang berupa pegunungan dan akses jalan yang sulit menyebabkan pembangunan di desa ini cukup terhambat. Dusun Pusung sebenarnya memiliki potensi yang baik apabila dapat diolah dengan tepat dan benar. Dari segi perkebunan, desa ini memiliki lahan yang cukup luas namun sayang dalam pemanfaatnya kurang efektif sehingga hasil tanaman pun tidak maksimal.

Melihat kondisi yang seperti ini, kami sebagai mahasiswa yang memiliki peran sebagai agent of change dan agent of social control tergerak untuk mengimplementasikan peran kami tersebut melalui kegiatan Social in Action, dimana kami dapat berkontribusi secara langsung kepada masyarakat luas. Kegiatan ini kedepannya diharapkan dapat meningkatkan kepekaan sosial para mahasiswa pada khususnya dan masyarakat ada umumnya.

Kegiatan “SOCIAL IN ACTION 2017bertemakan “Aksi Mengabdi sebagai Dedikasi untuk Negeri”. Untuk menyukseskan kegiatan ini, kami membentuknya dalam beberapa bentuk kegiatan seperti Produsi, Pembangunan Insfratruktur, pendidikan, dan kesehatan, serta akan diselenggarakan Bazaar dan Pesta Rakyat. Social In Action 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 10-12 November 2017 dengan warga Dusun Pusung sebagai pesertanya. Demikian penyerahan kegiatan ini kami susun agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Semoga acara ini dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan sebelumnya. Dukungan dan kerjasama dari semua pihak sangat diharapkan agar acara ini berjalan dengan sukses.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan