Stop! Pengendara Harus Parkir Sesuai Marka Parkir

ALUR REGISTRASI SEMESTER GANJIL 2014/2015
22 August 2014
Program Magister Ilmu Ekonomi Targetkan ABEST21 Tahun ini
23 August 2014

Malang (23/8) – Ada yang tampak berbeda di parkiran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Apa yang berbeda? Kendaraan tertata lebih rapi. Tampaknya pengguna kendaraan bermotor yang memarkirkan kendaraannya di Area parkir FEB UB semakin tertib.

Penertiban parkir kendaraan bermotor di FEB UB saat ini tengah digalakkan. Berawal dari ide sederhana Drs. Rujito, Ketua Tata Usaha (KTU) FEB UB, kini parkiran terlihat lebih tertib dan rapi. Beliau menuturkan, ”Selama ini saya lihat kondisi parkir sepeda kurang tertata rapi, padahal Tempat parkir sudah rindang dan teduh, akan tetapi tatanan parkir seperti masih menjadi persoalan kecil yang belum terpecahkan.”

KTU yang baru dilantik (13/6) ini, spontanitas memiliki ide untuk membuat garis marka di parkiran FEB UB. Baik parkiran di Gedung A dan E, serta parkiran di Gedung D. Ide sederhana yang diajukan ke Pembantu Dekan II ini disetujui dan akhirnya direalisasikan Kamis (22/8) malam hari.

Nyatanya marka parkir ini memiliki nilai informatif kepada pengguna parkiran FEB UB. Yang mana, secara spontan pengguna area parkir mengikuti marka parkir yang telah dibuat. Sehingga kendaraan secara tidak langsung tertata tertib tanpa harus ada pengarahan petugas parkir.

Penertiban kendaran ini melengkapi sistem baru yang telah diterapkan oleh universitas. Teknis pemberian karcis dan penyebaran petugas parkir di fakultas yang baru saja digalakkan, merupakan sistem baru universitas untuk meningkatkan keamanan kendaran yang keluar masuk kampus.

“Saya melihat petugas universitas sudah menata protokol sedemikian rupa untuk parkir mobil. Dari sinilah muncul ide mengapa tidak kita terapkan di fakultas juga?”, tambah Drs. Rujito. KTU baru ini juga mengatakan rencana kedepan beliau ingin coba mengajukan kepada pimpinan untuk mengemas lebih baik lagi dengan menambah tempat duduk untuk bersantai di Area FEB UB. Mengingat, gedung baru FEB UB sudah jadi dan ada rencana dari pimpinan merelokasi Gedung PPA untuk lahan hijau.

Pengaturan parkir, pembuatan lahan hijau dan penambahan tempat duduk untuk bersantai di Area FEB UB diharapkan dapat memberikan kenyamanan lebih warga FEB UB. Meskipun demikian, kondisi FEB UB saat ini tengah dalam tahap pembangunan sehingga pembenahan  belum mencakup secara keseluruhan.

Fakultas pun berharap ada respon positif dari warga FEB UB. Yang mana, fakultas terbuka apabila ada sumbangsing untuk kebaikan fakultas. Pembenahan  tidak ada artinya tanpa dukungan keluarga besar FEB UB. Fakultas mengharapkan  pembuatan marka untuk penertiban dan beberapa program  lain mendapat dukungan keluarga besar FEB UB. Seperti komentar  Drs. Rujito,”Pembuatan marka ini untuk menjaga ketertiban di Area parkir. Tinggal nanti yang menjalankan, baik  mahasiswa dan tentunya keluarga besar FEB UB mau berbudaya tertib atau tidak.” (hdn/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan