STUDENT CONFERENCE 2018 “Strategi Pembangunan Tenaga Kerja dan UMKM di Kota Malang dalam Menghadapi Era Distruptive Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Multiprespektif keilmuan”

BERITA ACARA PENGIRIMAN DELEGASI TIM PADUAN SUARA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA MEI 2018
13 May 2018
Kemahasiswaan FEB UB Adakan Lokakarya Peningkatan Prestasi Mahasiswa dalam Ajang PKM
14 May 2018

Dalam rangka menjalankan peran mahasiswa sebagai agen perubahan yang diharapkan dapat berkontribusi secara nyata terhadap optimalisasi kualitas hidup masyarakat dan berperan aktif dalam menggerakkan perubahan di lingkungannya, Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya merangkul para pemuda untuk ikut andil dan memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat dengan menyediakan forum diskusi ilmiah se-Malang Raya yang bertemakan “Strategi Pembangunan Tenaga Kerja dan UMKM di Kota Malang dalam Menghadapi Era Distruptive Revolusi Industri 4.0: Tinjauan Multiprespektif keilmuan”. Konferensi mahasiswa yang dihadiri oleh perwakilan dari beberapa lembaga penelitian dan penalaran tingkat fakultas dan universitas di Kota Malang ini bertujuan untuk mengajak para mahasiswa mencari solusi dari masalah kemiskinan yang telah membudaya di masyarakat. Lembaga-lembaga yang turut berkontribusi dengan para delegasinya tersebut adalah LSME FEB UB, RSC FIA UB, BARIS FISIP UB, FONETIK FIB UB, FKPH FH UB, RKIM UB, UKM PP POLINEMA, UKM WAPPIM STIE Malangkuçeçwara, dan UKM Penalaran UNIKAMA.

Rangkaian acara Student Conference 2018 dilaksanakan dalam dua hari, yakni tanggal 12 dan 13 Mei 2018 bertempat di Ruang Pertemuan 1 Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Pada hari pertama (12/5/2018), peserta akan tiba di Universitas Brawijaya Malang untuk melakukan registrasi dan technical Meeting yang bertempat di Fakultas Ekonomi Bisnis guna mengetahui penjelasan teknis acara melaksanakan sesi seminar yang berkaitan dengan rumusan diskusi hari berikutnya. Materi seminar diberikan oleh Angga Erlando yang mewakili sudut pandang akademisi dan Vicky Prasetyo sebagaiperwakilan praktisi. Kegiatan hari pertama berlangsung dari jam 9.00 WIB – 14.00 WIB.

Pada hari kedua (13/5/2018) kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) dan General Discussion. Kegiatan Forum Group Discussion bertempat di kelas D3.1 –D3.3 Gedung D Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.  Masing-masing delegasi dibagi menjadi dalam forum group discussion dari tiga sudut pandang yang berbeda, yakni sisi pemerintah, sisi pebisnis dan sisi asosiasi tenaga kerja. Kegiatan Forum Group Discussion berlangsung selama 150 menit dengan menghasilkan 5 poin utama pengajuan solusi yang akan disampaikan di General Discussion.

Sesi General Discussion bertempat di Aula D.3 Gedung D Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Pada sesi ini kegiatan dilakukan dengan pembacaan 5 poin utama pengajuan solusi oleh masing-masing sudut pandang paka Focus Group Discussion dan perumusan draft. Sesi ini berlangsung selama 150 menit dengan hasil berupa draft yang ditanda tangani oleh perwakilan seluruh delegasi Student Conference 2018.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan tim terbaik dan best speaker Student Conference 2018 dan diakhiri dengan closing statement oleh ketua umum Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis dan sesi foto. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan muncul banyak pemikiran kritis dari para pemuda Indonesia dan dapat dirumuskan menjadi suatu solusi yang benar-benar mampu untuk diimplementasikan.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan