Suksesnya Rakernas DPN-FORDEBI

Program Studi Ekonomi Islam FEB UB Sukses Gelar TOT Pemikiran Ekonomi Islam
20 April 2013
Lawatan Delegasi Massey University Di FEB UB
20 April 2013

Kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Pengurus Nasional Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (DPN-FORDEBI) telah dilaksanakan pada Rabu-Kamis (17-18/4). Rakernas berlangsung di gedung F lantai 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB). Rakernas terselenggara atas kerja sama Program Studi Ekonomi Islam FEB-UB dengan Pusat Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam (PKEBI) FEB-UB.

Di sela-sela Rakernas dilangsungkan pula kegiatan Training of Trainers (TOT) Pemikiran Ekonomi Islam. Peserta TOT berjumlah 66 orang dari 28 Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, Agama, dan Politeknik (Poltek) yang berasal dari berbagai wilayah Nusantara. Sedangkan peserta Rakernas berjumlah 78 orang.

Hari pertama kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB, dibuka dan diresmikan oleh Dekan FEB, Gugus Irianto, PhD., MSA., Ak. Selanjutnya acara diawali dengan kegiatan TOT Pemikiran Ekonomi Islam mulai pukul 09.30-15.00 WIB. Materi pertama TOT adalah Ushul Fiqh dalam Ekonomi Islam oleh Dr. Ahmad Jalaluddin dan dilanjutkan dengan Peta Pemikiran Ekonomi Islam oleh Dr. Asfi Manzilati. Kegiatan selanjutnya Rakernas yang dimulai pukul 15.00-17.30 WIB. Pimpinan Sidang Rakernas yaitu Dr. Asfi Manzilati (Ketua Umum), Dr. Aji Dedi Mulawarman (Sekretaris Jenderal), Hidayatullah Muttaqin (Wakil Sekretaris Jenderal), dan Manik Mutiara Sadewa (Wakil Bendahara Umum).

Acara tidak berhenti di hari pertama, masih ada rangkaian selanjutnya yaitu TOT Pemikiran Ekonomi Islam, mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Pembicara berturut-turut adalah Prof. Nizarul Alim dengan materi Ontologi Tauhid, Prof. Iwan Triyuwono memberi materi Berfikir Kritis Ekonomi Islam, serta Dr. Aji Dedi Mulawarman yang mendiskusikan Ragam Metodologi dan Riset Ekonomi Islam.

Di sela-sela TOT dilaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara DPN FORDEBI dan 28 Perguruan Tinggi. Perwakilan yang menandatangani MOU yaitu FE Universitas Bengkulu yang diwakili oleh Wakil Direktur Program Magister Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu dan FEB Universitas Darussalam Ambon yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darussalam Ambon. Sedangkan perwakilan dari DPN FORDEBI yaitu Ketua Umum DPN FORDEBI, Dr. Asfi Manzilati.

Seluruh rangkaian acara berhasil digelar dengan lancar dan sukses. “Kegiatan Rakernas dan TOT ini diharapkan dapat menjadi salah satu saluran kegiatan untuk memperkuat eksistensi dan semangat kebersamaan seluruh dosen Ekonomi dan Bisnis Islam di seluruh wilayah Nusantara.” Ucap Sekjen Rakernas kali ini, Dr. Aji Dedi Mulawarman. (apk/mir)