SYNERGY BUILD ISLAMIC ECONOMY IN SCIENCE AND INNOVATION

Mewaspadai Ancaman Inflasi
1 June 2016
Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Nasional (KATULISTIWA) 8: Kembangkan Desa, Perbaiki Bangsa
3 June 2016

Ekonomi pada dasarnya merupakan sebuah ilmu murni yang dihasilkan dari hasil pemikiran manusia yang ditelaah dari berbagai sumber baik itu kondisi ekonomi suatu masa yang sekarang kita kenal dengan sebutan ekonomi konvensional maupun dari sumber hukum agama seperti yang kemudian dikembangkan oleh ekonom menjadi suatu ilmu, doktrin dan juga suatu sistem ekonomi islam.

Ekonomi islam mempunyai ciri khas yang sangat berbeda dari ekonomi konvensional salah satunya adalah penerapan maqashid syariah pada setiap unsur unsur ekonomi islam yang tidak ada pada ekonomi konvensional seperti pemeliharanan agama, jiwa, akal, keturunan dan harta, pemeliharaan maqasid syariah ini akan membawa ekonomi islam menuju jati diri ekonomi islam sebagai sistem yang membawa kemaslahatan pada setiap manusia.

Namun saat ini pembangunan ekonomi islam masih dalam tahap menuju kepada kemenagan, sehingga masih membutuhkan banyak sekali bumbu-bumbu pengetahuan dan dukungan dari berbagai segi. Salah satu yang dapat membuktikannya adalah 1) masih kecilnya eksistensi ekonomi islam dalam bidang keuangan, 2) penerapan dinar dan dirham sebagai mata uang masih minim hanya sebatas sebagai komoditi investasi tambahan 3) penerapan ekonomi yang belum sesuai moral akhlaq kemanusiaan.

Sadar akan hal tersebut membuat kami tergerak untuk menyumbangkan ilmu maupun gagasan yang kami miliki untuk meningkatkan pembangunan ekonomi islam. Salah satunya adalah dengan mengikuti ajang perlombaan SEED UII 2016 ( Sharia Economic Events Day ) ini. Hasil yang kami harapkan adalah mampu saling bertukar pikiran antara mahasiswa maupun praktisi dan seluruh pihak yang terkait sehingga mampu menambah wawasan kami pula.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Jumat-Minggu,   20-22 Mei 2016

Tempat            : Kampus Universitas Islam Indonesia

(Jadwal Rinci Terlampir)

SUSUNAN ACARA

  • Olimpiade tahap semifinal
  • Seminar nasional
  • Seminar internasional
  • Final olimpiade dan konferensi

PENDAFTARAN PESERTA

  1. Peserta diwajibkan mengirimkan berkas persyaratan pendaftaran berupa form pendaftaran yang dapat di isi dipendaftaran yang terlampir di alamat: http://bit.ly/1UAYukQdan scan KTM anggota tim setelah itu kirim ke email shariaeconomicseventdays@gmail.com
  2. Melakukan konfirmasi setelah mengunggah berkas ke:
    Nomor  : 085 743 122 165 (Putri) atau
    Line    : Puputridewi atau
    BBM   : 5baba927
    Dengan format SEED 2016_3 Kata awal judul_Nama Penulis 1_Asal Universitas.
  3. Pengiriman abstrak dan full paper tidak dikenakan biaya.
  4. Peserta diwajibkan untuk mengunggah berkas persyaratan pendaftaran

   dan abstraksi pada waktu yang bersamaan

 

CONTACT PERSON

Rifaldi Majid (085343245314)

KSEI CIES FEB UB

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan