TEMU ILMIAH NASIONAL (TEMILNAS) 2019

Pentha Helix, Tantangan Pembangunan Yang Kompleks Pemerintah Harus Berkolaborasi
16 April 2019
BERITA KEGIATAN
16 April 2019

Temu Ilmiah Nasional atau yang disingkat dengan TEMILNAS merupakan acara ajang perlombaan ekonomi islam yang diselenggarakan oleh FoSSEI (Forum Silaturrahim Ekonomi Islam) Nasional yang bekerja sama dengan Kelompok Studi Ekonomi Islam Uiniversitas Airlangga (ACSES) dengan berbagai bidang lomba yaitu olimpiade ekonomi Islam, Simposium Karya Tulis Ilmiah, dan Business Plan Competition. Acara ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa yang aktif dalam Kelompok Studi Ekonomi Islam se Indonesia. TEMILNAS dilaksanakan pada tanggal 12 – 16 April 2019. Berbagai kegiatan yang akan dislenggarakan dalam rangkaian acara tersebut. Mulai dari seminar Internasional, olimpiade ekonomi, Simposium Karya Tulis Ilmiah, Business Plan Competition, lokakarya kaderisasi, pembahasan blueprint FoSSEI, field trip dan gala dinner. TEMILNAS sebagai agenda rutinan tahunan FoSSEI yang diselenggarakan guna mempererat hubungan antar KSEI dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, sekaligus merupakan pembuktian kualitas keilmuan setiap insan ekonom rabbani. Dalam acara ini mengangkat tema yaitu “Pengembangan Industri Halal di Indonesia melalui Optimalisasi ZISWAF dan Sociopreneur”.

            Pada bidang olimpiade dalam penyeleksiaanya ada empat tahapan. Tahapan pertama yaitu babak penyisihan. Dalam babak penyisihan peserta olimpiade mengerjakan soal – soal yang telah diberikan oleh pihak panitia. Peserta akan dipilih 50 tim untuk mengikuti babak perempat final. Pada babak perempat final bentuk kompetisinya dengan cara bermain games. Games ini terdiri dari 2 games (Rush minute dan Who Am I) akan dikerjakan secara berkelompok dengan sistem penilaian akumulutaif dari 2 games tersebut. Kemudian dipilih 10 tim terbaik untuk melanjutkan ke babak semifinal. Pada babak semifinal bentuk kompetisinya berupa FGD (Focus Grup Discussion) yang merupakan diskusi yang mengangkat isu – isu terkini terkait dengan tema besar TEMILNAS XVIII, dengan menghadirkan juri di dalam forum untuk menilai dan memberi umpan balik terkait topik tersebut. FDGakan dipandu oleh 1 moderator, serta diharapkan peserta aktif dalam jalannya diskusi. Kemudian dipilih 3 tim terbaik dengan peraih nilai tertinggi untuk lanjut ke babak final. Babak final akan dilaksanakan dengan bentuk study case. Penilaian dilakukan oleh dewan juri untuk dipilih juara 1, 2, dan 3.

            Pada bidang Simposium dan Bussines plan terdapat 1 tahapan penyeleksian. Tahap pertama yaitu babak finalis yang telah dilakukan secara online dengan mengirmkan full paper maupun proposal. Kemudian diseleksi menjadi 10 tim yang akan melanjutkan ke babak finalis. Pada babak finalis peserta melakukan presentasi dengan media power point. Dari persentasi 10 tim finalis tersbeut nantinya kaan dipilih menjadi best paper dan best presentation sesuai dengan komisinya masing – masing.

            Selain acara ajang lomba, kegiatan yang lainnya yaitu seminar internasional yang diselenggarakan oleh pihak panitia TEMILNAS serta ada lokakarya kaderisasi yang akan dihadiri oleh para Badan Pengurus Harian FoSSEI Nasional khususnya di bidang kaderisasi. Kemudian ada juga kegiatan dalam bentuk Pembahasan Blueprint FoSSEI. Kegiatan ini bertujuan untuk saling merekatkan sesama peserta di berbagai KSEI se Indonesia.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan