Tiga Dosen JAFEB UB Terbaik Semester Ganjil 2011/2012

Rapat Kerja JAFEB UB Tahun 2012
15 February 2012
Pemantapan Kerjasama FEB UB – NCYU
16 February 2012

Gugus Irianto, SE., MSA., Ph.D., Ak., Dr. Zaki Baridwan, SE., MSi., Ak, dan Drs. Jimmy Andrianus., MM., Ak, tiga dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) dinobatkan sebagai Dosen Terbaik Semester Ganjil 2011/2012. Penilaian ini dilakukan secara langsung oleh mahasiswa kepada 45 dosen JAFEB UB. Atas prestasi itu, JAFEB UB yang diwakili oleh Dr. Rosidi, SE., MM., Ak (Ketua Unit Jaminan Mutu/UJM) dan Dr. Unti Ludigdo, SE., Msi (Ketua Jurusan JAFEB UB) memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi karena dedikasinya pada hari Selasa (14/2) bertempat di Ruang Tirta Gangga, Hotel Tugu, Malang. Penghargaan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Rapat Kerja (Raker) JAFEB UB.

“Beberapa tujuan dari pemberian penghargaan ini adalah untuk mengevaluasi kinerja dosen, memenuhi persyaratan dari ISO 9001:2008 di mana harus mengevaluasi kinerja dosen secara berkala, dan sebagai bentuk apresiasi terhadap dosen yang bersangkutan”, ungkap staf UJM, Kristin Rosalina, SE., MSA.,Ak. Evaluasi dosen dilakukan rutin setiap semester untuk menilai kinerja dosen dan mengetahui feedback dari mahasiswa sebagai anak didik. Sistem penilaian dihitung berdasarkan hasil evaluasi mahasiswa melalui kuisioner secara on-line di website http://siskafeb.ub.ac.id/.

Adapun aspek penilaian yang diberlakukan, yaitu (A) Kejelasan penyampaian materi dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas (dengan contoh yang relevan dan kontekstual), (B) Kemampuan menerima kritik, saran, dan pendapat mahasiswa, (C) Kemampuan menghidupkan suasana kelas, memotivasi, dan menginspirasi mahasiswa untuk belajar mandiri, (D) Kepatuhan terhadap rencana perkuliahan (SAP/GBPP/Silabi), (E) Kesiapan melaksanakan perkuliahan, (F) Keteraturan dan ketertiban penyelenggaraan perkuliahan, (G) Kewibawaan, kearifan, keadilan, dan keteladanan sebagai pribadi dosen, (H) Pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran, (I) Pemberian umpan balik terhadap tugas perkuliahan, dan (J) Penggunaan hasil-hasil penelitian (artikel, jurnal, dan lain-lain) untuk meningkatkan kualitas perkuliahan.Hasil penilaian diperoleh secara langsung dari aplikasi siska. “Cut-off penilaian adalah sebelum nilai dikeluarkan oleh dosen yang bersangkutan”, imbuh Kristin.

Ketiga dosen terbaik pilihan mahasiswa ini memiliki nilai berturut-turut yaitu Gugus Irianto, SE., MSA., Ph.D., Ak, (nilai 4,43); Dr. Zaki Baridwan, SE., MSi., Ak, (nilai 4,36); dan Drs. Jimmy Andrianus., MM., Ak, (nilai 4,35). Menurut Kristin, evaluasi semacam ini patut diapresiasi mengingat kesibukan masing-masing dosen tersebut berbeda-beda. Gugus Irianto, SE., MSA., Ph.D., Ak, dosen JAFEB UB sekaligus Dekan FEB UB ini mampu mengimbangi antara tugas jabatan yang diembannya dan tugasnya sebagai seorang dosen. Dr. Zaki Baridwan, SE., MSi., Ak, dosen yang baru saja memperoleh gelar doktornya ini tetap mampu berdedikasi tinggi meskipun sebelumnya ia memiliki kesibukan untuk menyelesaikan disertasinya. Sama halnya dengan Drs. Jimmy Andrianus., MM., Ak, dosen JAFEB UB ini mampu menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana pada semester-semester sebelumnya, beliau tidak pernah masuk 3 besar. Di luar statusnya sebagai dosen, Drs. Jimmy Andrianus., MM., Ak, juga berprofesi sebagai Konsultan pajak. (mir/ris)

Tinggalkan Balasan