Tiga Jurusan di FEB Laksanakan Osjur Secara Serentak di Hari Minggu

PMIE FEB UB Tunjukkan Continues Improvement Tahun 2017 Saat Kaizen Report ABEST21
10 September 2017
INTELLECTUAL DIALOUGE OF ECONOMICS (IDE XIV) 2017
11 September 2017

Hari ini (10/09) tiga jurusan di FEB, yaitu Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Ilmu Ekonomi melaksanakan osjur secara serentak.  Masing-masing jurusan melaksanakannya di tempat yang berbeda. Jurusan Akuntansi bertempat di Aula Gedung Utama lantai 3, Jurusan Manajemen bertempat di Basement FEB UB, dan Jurusan Ilmu Ekonomi bertempat di Aula Gedung D lantai 3. Acara osjur dilaksanakan oleh masing-masing himpunan mahasiswa jurusan masing-masing, yakni HMJA, HMJM dan HMJIE. Osjur Akuntansi disebut INTERAKSI (Introduksi Akuntansi), osjur Manajemen disebut Management Days, dan osjur Ilmu Ekonomi disebut TRANSFORMER (Transition of Students for Maximizing Economics Role). Kegiatan osjur diikuti oleh seluruh mahasiswa baru FEB UB.

Masing-masing osjur juga memiliki tujuan, tagline dan jargon yang berbeda-beda. Yang pertama adalah INTERAKSI, mengusung tema “Adventure in the Virtual Game of Accounting World” dan tagline  “Feel the Game, Beyond Our Imagination” serta bertujuan utuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Akuntansi FEB UB dan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal dan menyesuaikan diri dengan dunia perkuliahan, khususnya jurusan Akuntansi. Dalam INTERAKSI, mahasiswa barujuga diperkenalkan dengan jargon Jurusan Akuntansi “Akuntansi! SATU!”.

Selanjutnya adalah Management Days. Tema yang diusung adalah “Raise Your Social Awareness for Greater Management”, serta memiliki tiga fungsi yaitu pengenalan terhadap Jurusan Manajemen FEB UB dan HMJM, memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru Jurusan Manajemen, serta menjadi fasilitator bagi mahasiswa baru untuk menanamkan nilai-nilai dan sikap-sikap yang dibutuhkan sebagai mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UB. Mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan jargon jurusan Manajemen “Viva Manajemen! VIVA!”.

Dan terakhir adalah TRANSFORMER. Dengan mengusung tema “With Pride We Here, in Humility We Giving” dan taglineFrom Economy, For a Better Society”, TRANSFORMER memiliki tujuan untuk memperluas wawasan berpikir, menumbuhkan jiwa kepekaan teradap lingkungan serta memberi pemahaman tentang nama dan etika kesopanan dalam kehdupan perkuliahan. Tak lupa pula, mahasiswa baru diperkenalkan dengan jargon jurusan Ilmu Ekonomi “SATU JIWA IE! OSI! OSI! OSI! Proud to be! IE!”

Namun, rangkaian masing-masing osjur tidak hanya berlangsung dalam satu hari. Maka dari itu, seluruh mahasiswa baru yang totalnya ada 828 orang diwajibkan untuk mengikuti seluruh rangkaian ospek jurusan maupun ospek fakultas dengan sebaik-baiknya.(vq)

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya