Tim Delegasi UB Meraih Peringkat 8 Dalam Acara National Accounting Olympiad (NAO) 2015 di Universitas Gadjah Mada

WINNER 3 of the National Scientific Writing Contest 2015 Event Economic Airlangga University
8 July 2015
"Rebuilding Kejayaan Indonesia as the State Maritime to Facing the ASEAN Economic Community (AEC)"
8 July 2015

PELAKSANAAN LOMBA

National Accounting Olympiad merupakan salah satu rangkaian acara dari Gajah Mada Accounting Days 2015 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Akuntansi Universitas Gajah Mada (IMAGAMA) Yogyakarta. NAO terdiri dari 3 tahap, pertama adalah tahap Preliminary yang diikuti oleh 35 tim terbaik yang telah lolos Online Preliminary. Kompetensi di bidang akuntansi seluruh peserta akan diukur secara individu maupun kelompok. Kedua, tahap semifinal yang diikuti 9 tim terbaik dengan nilai tertinggi dari tahap Preliminary. Tahap ketiga yakni tahap Final.

Acara diawali dengan Technical Meeting pada hari Rabu, 20 Mei 2015 pukul 15.00 WIB di Auditorium Pertamina Tower, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Pada Technical Meeting tersebut dijelaskan mengenai ketentuan lomba oleh panitia penyelenggara.

Kamis, 21 Mei 2015 merupakan hari pertama National Accounting Olympiad yang diikuti 35 tim terbaik yang telah lolos Online Preliminary untuk kemudian mengikuti Tahap Preliminary. Tahap Preliminary terbagi menjadi dua sesi yakni sesi Preliminary – Top 35 dan Preliminary – Top 20. Tahap Preliminary – Top 35 dibagi menjadi dua sub-sesi untuk menguji kemampuan setiap tim secara individu dan kelompok. Dalam Tahap Preliminary – Top 35 ini, Tim I dan II UB dengan anggota Muhammad Irfan, Anak Agung Paramita Okadevi dan Ni Wayan Pertiwi Dharayant, serta Rino Tam Cahyadi, Lusiana Watiningsih dan Ananta Dian Pratiwi berhasil masuk dalam Tahap Preliminary–Top 20. Tahap ini dibagi menjadi dua sub-sesi untuk menguji kemampuan setiap tim secara individu dan kelompok. Dalam Tahap Preliminary – Top 20 ini, 1 Tim UB, yaitu Tim II dengan Rino Tam Cahyadi, Lusiana Watiningsih dan Ananta Dian Pratiwi berhasil lolos ke tahap selanjutnya

Jumat, 22 Mei 2015, hari kedua NAO diikuti 9 tim dengan skor tertinggi yang akan maju ke tahap semifinal. Tahap semifinal terbagi menjadi tiga sesi yakni sesi Game 1 : Aggresion, sesi Game 2 : Estafet Puzzle dan sesi Game 3 : Seek & Solve. 3 tim terbaik dengan skor tertinggi dari tahap Semifinal ini akan maju ke tahap Final. Namun dalam Tahap Semifinal ini, 1 Tim UB dengan anggota Rino Tam Cahyadi, Lusiana Watiningsih dan Ananta Dian Pratiwi belum tidak bisa melanjutkan tahap akhir, tahap Final. Tahap Final terbagi atas 3 sesi yakni sesi Final Quiz 1 : Who Wants to be The Best, sesi Final Quiz 2 : Let’s Get The Point dan sesi Final Quiz 3 : Dare to Bid.

Setelah NAO selesai dilaksanakan, rangkaian acara selanjutnya yakni Jogja Amazing Race yang dilaksanakan Sabtu, 23 Mei 2015. Dalam kegiatan ini, peserta NAO dan Jogja International Conference (JIC) dijadikan satu untuk dipisah ke dalam 20 tim. Setiap tim dalam Jogja Amazing Raze diberikan penugasan untuk menyelesaikan misi yang mengusung tema Budaya Jogjakarta.Acara ini sekaligus sebagai minitrip bagi seluruh peserta Gajah Mada Accounting Days ke tempat-tempat wisata dan bersejarah di Jogjakarta.

Rangkaian acara terakhir yakni Gathering Night yang diadakan malam harinya pada Sabtu, 23Mei 2015. Acara ini merupakan ajang penghargaan bagi pemenang NAO dan JIC. Namun, dalam Gajah Mada Accounting Days kali ini ketiga tim delegasi UB belum bisa meraih juara dalam acara NAO. Juara I diraih oleh tim dari Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya. Juara II dan III diraih oleh tim dari Universitas Indonesia.

Berikut adalah rangkuman hasil perlombaan Natinal Accounting Olyimpiad 2015

  1. Tiga tim delegasi dari Universitas Brawijaya berhasil lolos dalam Tahap Pre-eliminary sebagai TOP 35 mengalahkan 106 tim dari universitas diseluruh Indonesia.
  2. Tim I (Muhammad Irfan, Anak Agung Paramita Okadevi dan Ni Wayan Pertiwi Dharayanti) lolos sampai tahap penyisihan TOP 20 Besar pada peringkat-19.
  3. Tim II (Rino Tam Cahyadi, Lusiana Watiningsih dan Ananta Dian Pratiwi) berhasil lolos sampai tahap Semifinal TOP 9 Besar pada peringkat-8.
  4. Tim III (Dien Anindia Kartiko, Muhammad Fidhel Gazheli Gultom dan Sarintan Pratiwi Usman) berhasil lolos tahap penyisihan TOP 35 Besar pada peringkat-21.
Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Comments are closed.