Tim FEB UB Raih Juara 3 dalam Ajang Competition of Accounting di STIE Perbanas

(English) Mahasiswi FEB Taklukkan Hokkaido University
24 March 2019
Sharia Economy Week 7 UMY
27 March 2019

MALANG – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) kembali harumkan nama almamater di kancah nasional. Prestasi kali ini diukir oleh Andre Novian Megantara (Akuntansi 2016), Dwita Ayu Putri P.N. (Akuntansi 2016), dan Della Ramadhani S. (Akuntansi 2016).

Kompetisi yang bertajuk COMPAC (Competition of Accounting) ini merupakan olimpiade Akuntansi tingkat nasional ke-9 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Perbanas Surabaya.

Andre menceritakan bahwa ia dan tim berhasil melalui preliminary test online terlebih dahulu, untuk kemudian disaring menjadi 40 besar yang akan diundang untuk mengikuti babak selanjutnya di STIE Perbanas pada Sabtu-Minggu (23/03/2019-24/03/2019).

Di hari pertama, tim FEB UB mengikuti babak penyisihan yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah Star Dust, yaitu mengisi tujuh soal prakira secara individu. Tahap kedua adalah Inter Stellar, yaitu mengerjakan 100 soal pilihan ganda dalam 50 menit secara berkelompok. Dari babak penyisihan ini, nilai diakumulasi untuk menentukan 16 besar yang berhak maju ke tahap selanjutnya.

Sedangkan di hari kedua, tim FEB UB mengikuti tahap tiga, yang juga terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Eagle Eye, yaitu cerdas cermat. Dan tahap kedua adalah Blade Runner, yaitu mengerjakan soal dengan cepat. Dari tahap tiga ini, nilai diakumulasi untuk menentukan 4 besar yang maju ke tahap final.

Tahap final diberi nama The Martian, yaitu debat akuntansi. Tahap final ini diikuti oleh tim FEB UB, tim Ubaya 1, tim Ubaya 2, dan tim UKWM. Dalam tahap final ini, tim FEB UB melawan tim Ubaya 1. Setelah babak final berakhir, malamnya tim FEB UB mengikuti gala dinner dan diumumkan bahwa mereka sebagai juara 3 pada kompetisi COMPAC tahun ini.

Keberhasilan yang didapatkan tim FEB UB tidak terlepas dari usaha dan bimibingan intensif bersama dosen selama beberapa minggu terakhir. “Kami senang, karena usaha kami dalam beberapa minggu terakhir terbayarkan, bimbingan bersama dosen ada manfaatnya juga, sehingga kami bisa menang. Semoga di tahun depan FEB UB dapat berpartisipasi di lomba yang sama dengan memperoleh gelar yang lebih baik dari sekarang”ujar Andre.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan