Tim FEB UB Raih Juara 3 dalam Ajang Prasetiya Mulya Accounting Festival di Jakarta

LKMM (LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA) TINGKAT MENENGAH
31 March 2019
ACCOUNTS 2019” UNIVERSITAS ANDALAS PADANG BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2019
31 March 2019

MALANG – Lagi-lagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dn Bisnis Universitas Brawijaya berhasil mengukir prestasi dalam ajang kompetisi Akuntansi tingkat nasional. Mereka adalah Moch. Rizal (Akuntansi 2016), Eka Rofi Mulyana (Akuntansi 2016), dan Amalia Afindaningrum (Akuntansi 2016).

Dengan nama tim Pandhega Adhikara, mereka berhasil meraih juara 3 dalam ajang Prasetiya Mulya Accounting Festival (PMAF) dan menjadi satu-satunya tim dari Perguruan Tinggi Negeri yang lolos ke tahap main round hingga tahap final.

Rizal menceritakan bahwa lomba ini diawali dengan preliminary round yang diadakan secara online. Tim FEB UB berhasil maju ke babak selanjutnya  dan diundang untuk mengikuti keseluruhan rangkaian acara di Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta mulai Kamis-Sabtu (28/03/2019-30/03/2019).

Main round terdiri dari tiga tahap, yaitu tebak istilah dalam akuntansi dan bisnis, betting score, dan studi kasus. Dalam babak tersebut, tim FEB sempat ragu akan lolos ke babak  semifinal, tetapi mereka tetap mengusahakan yang terbaik dan ternyata berbuah manis. “Kami agak terkejut ketika tim kami diumumkan lolos ke semifinal”kata Rizal.

Babak semifinal terdiri dari permainan-permainan yang bersifat ketangkasan dalam mengerjakan soal. “Kami masih tidak berekspektasi akan ke final, meskipun kami yakin akan mengumpulkan poin yang tinggi dari babak semifinal”kata Rizal. Namun sebuah kejutan untuk tim FEB UB dan seluruh semifinalis, karena ternyata nama “Pandhega Adikara” tertera sebagai salah satu finalis bersama 3 finalis lainnya yang seluruhnya berasal dari Trisakti School of Management.

Di babak final, tim FEB UB harus menyiapkan materi tentang integrated reporting dan kasus nyata perusahaan multinasonal dalam waktu satu jam dalam bentuk Power Point. Tim mempresentasikan didepan dewan juri yang berlatar belakang sebagai assistant manager di Deloitte dan dosen di Universitas Prasetiya Mulya. “Kami sedikit gugup saat presentasi, tetapi kami enjoy saat debat dan QnA”ujar Rizal.

Setelah menjalani babak final, tim FEB UB sempat pesimis mendapatkan juara. Namun tidak disangka, ternyata “Pandhega Adhikara” diumumkan sebagai juara ketiga. “Kami bahagia dan bangga dapat mengharumkan UB. Kami juga berterimakasih pada semua elemen yang terus mendorong kami melalui support dan doa.”ujar Rizal.

Mereka berharap timnya semakin solid dan dapat melanjutkan prestasi di kompetisi-kompetisi yang lainnya. “Semua delegasi yang mengikuti lomba dimanapun itu, harus tetap fight secara maksimal bagaimanapun keadaannya. Karena ketika Tuhan sudah membukakan jalan, tidak ada alasan untuk tidak melangkah ke depan”pesan Rizal.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan