Tim FEB UB Raih Juara Harapan 2 dalam Ajang Kompetisi Akuntansi BALANCE di UII

ATMAJAYA YOGYAKARTA SUPREME ACCOUNTING COMPETITION (ASAC)
13 April 2019
Upgrading Indikator 2019
14 April 2019

MALANG – Tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) yang beranggotakan Andre Novian Megantara (Akuntansi 2016), Dwita Ayu Putri P.N. (Akuntansi 2016) dan Della Ramadhani S. (Akuntansi 2016) lagi-lagi berhasil menorehkan prestasi dalam ajang kompetisi Akuntansi.

Kompetisi kali ini bertajuk Battle and Lead in Accounting Competition (BALANCE) dengan mengusung tema “Optimalisasi Akuntan Muda melalui Kompetisi Akuntansi untuk Membangun Jiwa Profesional”. Kompetisi ini diikuti oleh 20 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang sebelumnya telah lolos melalui babak Preliminary Test.

BALANCE merupakan kompetisi akuntansi yang diadakan oleh HMJA KOMISI Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dan dilaksanakan mulai Jum’at-Minggu (05/04/2019-07/04/2019) di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Andre menceritakan bahwa di hari pertama, ia dan tim langsung mengikuti rangkaian pertama, yaitu Technical Meeting. Kemudian di hari kedua, ia dan tim mengikuti serangkaian babak kompetisi. Tahap pertama yaitu babak multiple choice. Dalam babak ini, masing-masing peserta akan mengerjakan 50 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit.

Setelah babak multiple choice, babak berikutnya adalah Match to Balance. Dalam babak ini, peserta mengerjakan soal yang berada dalam 4 amplop yang berbeda. Soal yang dilombakan berupa financial reporting. Dari perolehan nilai yang didapat dari babak pertama dan kedua akan diakumulasi dan akan diambil 5 tim terbaik (Top 5) untuk mengikuti babak Grand Final.

Lalu keesokan harinya, diumumkan siapa saja 5 tim terbaik yang lolos ke babak grand final. Kelima tim tersebut adalah tim dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, STIE Perbanas Surabaya, dan 2 tim dari Trisakti School of Management. Dalam babak grand final, kelima tim mengikuti 2 tahapan perlombaan lagi yaitu Accounting Quiz dan Presentation Battle.

Malam harinya, 20 besar peserta Balance 2019 mengikuti rangkaian acara terakhir yaitu Gala Dinner sekaligus Awarding. Dari keseluruhan rangkaian ini, tim FEB UB berhasil meraih posisi Top 5 (Harapan II).

“Keberhasilan tim ini tentu tidak lepas dari bantuan berbagai pihak terutama dosen yang telah memberikan materi dalam program Enrichment yang merupakan agenda rutin dari Brawijaya Accounting Society serta doa restu orang tua dari masing-masing angota tim”ujar Andre.

Andre dan tim merasa senang krena bisa masuk hingga babak grand final BALANCE. Andre dan tim berharap di kesempatan berikutnya tim dari FEB UB dapat meraih posisi atau juara yang lebih baik dari sebelumnya, baik dalam kompetisi akuntansi ataupun yang lainnya.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan