Tim FEB UB Sabet Juara 1 dalam Ajang Kesatuan Accounting Battle 2017 di STIE Kesatuan Bogor

62 Mahasiswa FEB UB Telah Jalani Wisuda Periode II
30 September 2017
International Conference
1 October 2017

Sumber : Instagram mahasiswabrawijaya

Tim yang beranggotakan Sintia Farach Dhiba (Akuntansi 2014), Dewi Izzatul L.M. (Akuntansi 2014), dan Dicky Arvianto Kan (Akuntansi 2014) telah berhasil meraih gelar Juara 1 dalam ajang Kesatuan Accounting Battle 2017 di STIE Kesatuan Bogor pada tanggal 25-27 September 2017. Kesatuan Accounting Battle 2017 merupakan suatu kegiatan olimpiade Akuntansi tingkat nasional, dengan  mengusung tema “Battleground of The Finests”. Acara ini  disponsori oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Pricewaterhouse Coopers (PwC).

Tahapan seleksi dimulai dari pelaksanaan online preliminary round pada tanggal 16 September. Jumlah tim yang mengikuti seleksi awal terdapat 40 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Setelah itu akan disaring menjadi 20 tim untuk maju ke tahap main round dan berhak untuk mengikuti keseluruhan rangkaian di STIE Kesatuan Bogor. Tahap main round terdiri dari beberapa rangkaian acara, mulai dari Technical meeting, babak “Right First Time”, yang merupakan tes tulis secara individu dalam waktu 30 menit dan babak “Pecah Balon”, yang merupakan gabungan pengerjaan soal dan permainan secara berkelompok. Dari dua babak tersebut, akan dipilih 12 tim untuk lanjut ke tahap penyisihan kedua, dan tim FEB UB menempati posisi 1.

Tahap penyisihan kedua terdiri atas pengisian soal dan teka-teki silang serta soal berbentuk esai jawaban panjang. Dari tahap tersebut, lagi-lagi tim FEB UB lolos 8 besar, dan masih memegang posisi pertama. 8 besar tim tersebut melaksanakan rangkaian selanjutnya, yaitu lomba cerdas cermat yang dikemas dalam bentuk strategi permainan Bingo. Dalam tahap tersebut, tim FEB UB mendapatkan nilai tertinggi dan lolos ke Grand Final 4 Besar bersama dengan Universitas Pelita Harapan, Universitas Tarumanegara A dan Universitas Tarumanegara B. Pada babak Grandfinal, 4 tim yang lolos melaksanakan debat akuntansi dengan mosi debat “Meskipun sederhana, SAK EMKM dapat memberikan informasi yang andal dalam penyajian laporan keuangan”. Setelah berakhir, barulah diumumkan bahwa yang meraih gelar Juara 1 adalah tim dari FEB UB. Tim FEB UB mendapatkan hadiah uang tunai Rp10.000.000 dan kesempatan internship di Pricewaterhouse Coopers (PwC).

“Kalau mau lomba, persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari, kalau mau juara dari sejak maba sudah harus persiapan, kalau belajar di kelas harus totalitas, dan jangan pernah berhenti ketika kita kalah. Ini adalah lomba ke 7 saya, saya dulu gagal di tiga lomba pertama saya, dan baru menang di lomba ke 4, 5, 6, 7, pokoknya jangan pernah berhenti ketika kalah, karena kemenangan gak bakal bisa didapat tanpa melalui kegagalan”ujar Sintia.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya