Tindak Lanjuti Tawaran LPS dengan Lokakarya dan Brainstorming Judul Penelitian Bertopik LPS

Undang Professor Hung-Che Wu, Jurusan Manajemen FEB UB Berupaya Dorong Perkembangan Keilmuan dan Publikasi Jurnal
5 October 2017
Sosialisai Beban Kerja Dosen Tahun 2017
9 October 2017

Bertempat di Ruang Sidang Utama (RSU) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, telah diadakan acara Lokakarya dan Brainstorming Judul Penelitian Sesuai dengan Judul Topik LPS yang merupakan tindak lanjut dari tawaran kerjasama LPS. Acara berlangsung pada Jum’at (6/10) pada pukul 09.00-11.00 dan dihadiri oleh dosen-dosen FEB UB, BPPM dan mahasiswa. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Khusnul Azhar, SE, MA. dengan narasumber Drs. Imam Subekti, Ak., M.Si Ph.D.

“Tugas fakultas memfasilitasi, tugas dosen dan mahasiswa meneliti. Program kami ingin meningkatkan link and match, baik pendidikan maupun risetnya”kata Nur Kholis, Ak., Ph.D., CA. selaku Dekan FEB UB dalam sambutannya. Setelah sambutan Dekan, acara dilanjut dengan sesi materi. Dalam sesi ini, Drs. Imam Subekti, Ak., M.Si Ph.D. menjelaskan tentang LPS. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merupakan lembaga yang berfungsi menjamin simpanan nasabah penyimpan serta turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya.

Drs. Imam Subekti, Ak., M.Si Ph.D. juga menyampaikan beberapa topik penelitian yang disarankan LPSl diantaranya 1)LPS dan pengelolaan stabilitas sistem keuangan di Indonesia; 2)Indikator deteksi krisis sistem keuangan; 3)Indikator kesehatan atau kerentnan bisnis bank; 4)Peran LPS dalam penanganan krisis keuangan dan perbankan; 5)Skema penjaminan simpanan; 6)Relasi LPS dengan anggota jaring pengaman sistem keuangan; 7)Restruktirisasi dan resolusi bank; 8) Merger, akuisisi dan konsolidasi bank; 9)Lainnya dengan syarat masih sesuai dengan tema kompetisi, yaitu peran dan fungsi LPS dalam mendukung stabilitas sistem keuangan Indonesia.

Diahrapkan setelah adanya acara ini, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya budaya risetnya akan semakin tumbuh dan berkembang.(vq)

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya