Training and Brainstorming PKM FEB UB 2015

(Indonesia) Selenggarakan Job Fair, JPIC Fasilitasi Job Seeker dan Perusahaan
27 August 2015
The Evolution of Urban Market. Cracking consumer’s Mind in the Dynamic Era
31 August 2015

Institusi perguruan tinggi sebagai sebuah rangkap dari sistem pendidikan nasional mempunyai tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai kebutuhan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Kehidupan kampus merupakan komunitas masyarakat akademik yang hidup dalam atmosfir ilmiah. Bidang penelitian dan penalaran menjadi sangat penting sebagai bagian dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sabagai wujud dari atmosfir ilmiah di perguruan tinggi. Masih sedikitnya mahasiswa yang berminat dalam bidang penelitian dan penalaran menjadi sebuah kontradiksi dari kehidupan kampus yang hidup dalam atmosfir ilmiah. Lingkungan kampus merupakan suatu komunitas masyarakat ilmiah yang di dalamnya terjadi transfer ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses transfer ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk membekali diri sebelum sepenuhnya hidup dalam masyarakat di luar kampus.

Di Universitas Brawijaya sendiri, kesadaran akan pentingnya penelitian dan penalaran telah terbentuk sedikit demi sedikit. Dukungan yang besar dari lingkup fakultas hingga universitas sangat mendukung civitas akademika Brawijaya untuk lebih mendalami penelitian dan penalaran. Dukungan tersebut mulai dari bimbingan dan pendampingan, pendanaan, hingga birokrasi yang dimudahkan. Hari demi hari, dukungan itu berbuah hasil. Terbukti dengan tingginya minat mahasiswa dalam penelitian dan penalaran khususnya Program Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Tinggi (PKM) beberapa tahun silam. UB menjadi pengirim terbanyak proposal Pkm yang berjumlah 400 lebih, mengalahkan Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun sayangnya, sebagian besar proposal Pkm yang diajukan berasal dari fakultas-fakultas ilmu eksakta. Hal ini diasumsikan karena ilmu eksak cenderung terus berkembang seiring dengan kemajuan jaman. Sementara itu, fakultas-fakultas ilmu sosial terjadi hal sebaliknya. Ilmu sosial yang dianggap kaku cenderung mengakibatkan mahasiswa ilmu sosial kebingungan mencari ide untuk dikembangkan pada Pkm tersebut. Hal ini terjadi pula di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, salah satu fakultas sosial di Universitas Brawijaya.

Adanya pertimbangan dalam keadaan diatas, maka Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) sebagai salah satu lembaga penelitian dan penalaran mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya berupaya meningkatkan atmosfir ilmiah dengan memacu cara berpikir kritis sebagai langkah awal untuk memulai sebuah karya ilmiah. Hal ini juga ditujukan karena akan diadakannya pekan ilmiah mahasiswa nasional di tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti, diharapkan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dapat memberikan sumbangsih program kretifitas wirausaha, pengabdian masyarakat teknologi, karya cipta, penelitian, maupun gagasan tertulis dan analisis ilmiah dalam kegiatan tersebut yang dikemas dalam PKM. Oleh karena itu, maka kami menggelar acara Training and Brainstorming PKM FEB UB 2015 dengan tema “Shine Up Your Creativity through PKM Dikti

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Comments are closed.