Training CIES 2019

Management League 2019 “ Mes que un departemento, pero una familia”
28 April 2019
SHARIA ECONOMIC WEEKS 7 2019
28 April 2019

Training CIES 2019 adalah kegiatan pengkaderan lanjutan dari Diklat CIES yang bertujuan untuk lebih mematangkan training sebelumnya dan memajukan perkembangan sumber daya manusia, sebab CIES dalam gerak langkahnya memerlukan suplemen inti yaitu anggota yang berkualitas dan berkomitmen dalam mengemban amanah dakwah dalam bidang ekonomi Islam tersebut. Kegiatan dilaksanakan di beberapa lokasi, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Masjid Muhajirin dan Coban Talun. Training CIES 2019 telah terlaksana pada tanggal 27-28 April 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan para anggota CIES angkatan 2016-2017 sebagai panitia dan anggota angkatan 2018 sebagai pesertanya. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Chairman of CIES, ketua pelaksana kemudian dilanjutkan dengan pemberian tiga materi; ekonomi politik, urgensi dakwah, dana mal jama’i. Pemberian materi disampaikan oleh tiga orang pemateri; Mohammad Ilham Lathief Makbul, Alfian Tanjung, dan Ustadz Sholahuddin.

Seusai pemberian materi yang dilaksanakan di FEB UB, para peserta melakukan mobilisasi menuju tempat mabit yaitu Masjid Muhajirin. Agenda pertama di tempat mabit adalah persiapan para peserta dan mengaji sembari menunggu waktu maghrib. Usai sholat maghrib, peserta diarahkan untuk menyetor hafalan tugas kepada panitia. Selanjutnya, peserta dan panitia melaksanakan sholat isya’ berjamaah dan makan malam bersama. Agenda terakhir sebelum istirahat malam adalah mempresentasikan tugas kelompok yang sudah dibuat oleh masing – masing kelompok ke hadapan peserta lain dan panitia.

Keesokan hari, peserta dibangunkan pada dini hari untuk menjalani sholat malam bersama dan evaluasi antaranggota. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat shubuh, dzikir pagi dan jam bebas. Pada saat ini peserta diperbolehkan untuk membersihkan diri, membereskan barang – barangnya, atau sekedar bercengkerama dengan sesame peserta lain.

Pukul 06.00 peserta diarahkan untuk mobilisasi menuju Coban Talun dengan menaiki angkot. Sesampainya di Coban Talun, peserta dikumpulkan untuk pemanasan sebelum menjalankan agenda outbound. Saat acara outbound, peserta dipisah antar laki – laki dan perempuan dan dibentuk menjadi kelompok – kelompok. Kegiatan outbound berisi serangkaian permainan yang mengandalkan kerja sama kelompok, kesabaran, konsentrasi, dan juga interaksi diantara peserta. Pada acara ini diharapkan para anggota terjalin semangat kekeluargaan dan kekompakan sehingga mampu mengemban kewajiban sebagai anggota CIES dengan lebih baik lagi.

Pada penghujung acara, peserta diminta untuk berdiskusi dengan teman – temannya untuk menentukan ketua angkatan yang menjadi pengkoordinir angkatan 2018. Ketua angkatan terdiri dari satu peserta laki – laki dan satu peserta perempuan. Kemudian, panitia mengumumkan penghargaan peserta laki – laki dan perempuan terbaik serta kelompok terbaik. Rangkaian kegiatan Training CIES 2019 ditutup dengan doa penutup majelis dan foto bersama. Sebelum meninggalkan area outbound Coban Talun, peserta diajak untuk bersama – sama membereskan semua sampah yang ada di area tersebut sehingga lingkungan sekitar tetap terjaga kebersihannya. Pada waktu dhuhur, peserta dipulangkan kembali dari Coban Talun menuju FEB UB dengan angkot dan tetap didampingi oleh panitia hingga semua peserta telah kembali ke tempat tinggal masing – masing.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan