TRAINING ORGANIZATION I

TRAINING ORGANIZATION I
17 February 2019
TRAINING ORGANIZATION I
17 February 2019

Butuh proses untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Melalui media training

organization ini diharapkan setiap individu diajak untuk mulai memahami rekan kerja yang

akan membangun organisasi secara bersama-sama. Kegiatan Training Organization I

merupakan pembekalan awal bagi seluruh anggota BEM terpilih untuk menjalankan

amanahnya selama satu periode kedepan. Tema dari kegiatan ini adalah Meningkatkan aktualisasi diri dengan mengoptimalkan kemampuan dan potensi diri untuk berdedikasi terhadap lingkungan sekitar”. Sedangkan tujuan Training Organization I adalah menjalin keakraban dan rasa solidaritas diantara fungsionaris BEM FEB UB dan pemahaman tugas anggota baru sebagai eksekutor di KM FEB UB dan Internalisasi VISI, MISI, GBHK, dan AD/ART.

Kegiatan Training Organization I terdiri dari TO Indoor, dan TO Outdoor.  Tahap pertama adalah FNP (Fit and Proper Test) telah dilaksanakan pada hari Sabtu, Sabtu s.d Minggu, 26 s.d 27 Januari 2019 di ruangan Kelas Gedung D 2.1, D 2.2, dan D 2.3.

Kemudian ada SGD (Small Group Discussion) yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Februari 2019 di Aula GU lantai 3 dan tema yang diangkat dalam diskusi adalah “e-commerse vs konvensional, kesamarataan atau keadilan”. Pada saat SGD peserta dibagi dalam 5 segmen sudut pandang, yaitu Pengusaha Retail Konvensional, Pengusaha Retail E-Commerce, Masyarakat, Pemerintah dan Mahasiswa. Kegiatan tersebut berjalan sangat meriah karena setiap kelompok menyampaikan argumennya dengan antusias. Adanya saling sanggah dan komentar dari masing-masing kelompok membuat diskusi semakin seru.

Lalu, untuk TO Indoor dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Februari 2019 di Aula Gedung D yang menghadirkan 3 pemateri yang membawakan materi yang berbeda. Pemateri sesi pertama adalah Tazki Theosofi dengan materi Pengenalan BEM, sesi kedua adalah Muhammad Nur Fauzan yang membawakan materi Pergerakan Mahasiswa, dan yang terakhir adalah Muhamad Dicky Kusnadi materinya Manajemen Aksi. Kegiatan TO Indoor pun berjalan sangat seru karena ketika penyampaian materi dari masing-masing pemateri, peserta sangat antusias khususnya saat sesi tanya jawab.

Selanjutnya adalah kegiatan TO Outdoor yang dilaksanakan di Villa Wisma Tani, Batu, Malang pada tanggal Sabtu s.d. Minggu, 16 s.d 17 Februari 2019 berjalan cukup lancar dan cukup berkesan. Acara tersebut dilaksanakan 2 hari, peserta dan panitia menginap di Villa tersebut. Kegiatan TO Outdoor diisi dengan berbagai games sebagai upaya perekatan dan hiburan bagi peserta maupun panitia sendiri. Seluruh panitia dan peserta merasa bahagia karena setiap games pasti ada cerita baru yang membuat tertawa dan menambah kekompakan antar peserta.

Pada hari terakhir TO Outdoor, dilaksnakan social project yang mengimplementasikan peran mahasiswa sebagai agent of change berupa survey kepada masyarakat tentang permasalahan dan kondisi di wilayah tersebut, sehingga mahasiswa turut andil dalam membenahi permasalahan yang ada di sekitar. Peserta terlihat antusias untuk melakukan survey sosial dengan menjajahi rumah warga di sekitar Villa Tani, disamping pemandangannya yang indah. Setelah mendapat seluruh datanya, peserta mempresentasikan data dan hasil survey wawancara yang mereka dapatkan dan menyampaikan beberapa saran untuk pengembangan desa ini. Presentasi berjalan lancar dan antusias peserta lain dalam menanggapi dan mendengarkan presentasi cukup baik.

Perencanaan matang dan usaha optimal dalam kegiatan Training Organization I akhirnya sukses terlaksanakan semuanya. Dukungan dan kerja sama dari semua pihak sangat membantu dalam kesuksesan acara ini. Harapan besar dari panitia adalah melalui kegiatan ini para fungsionaris BEM FEB UB mampu menerapkan materi yang telah disampaikan pada setiap sesi kegiatan dan semakin menjalin keakraban antar fungsionaris serta mampu menjalankan amanah satu periode ke depan.

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan