TUTORIAL METODOLOGI PENELITIAN JURUSAN ILMU EKONOMI KEDUA

Mahasiswa Ilmu Ekonomi Mengikuti Tutorial Metodologi Penelitian
30 October 2019
Amartha.id Hadir Dalam Intellectual Dialogue Of Economics XV
30 October 2019

Memasuki akhir bulan Oktober adalah bulan dimana hamper mayoritas mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi sudah menyelesaikan kegiatan KKNP (Kuliah Kerja Nyata Profesi) ataupun KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik). Hal ini dimanfaatkan oleh Jurusan Ilmu Ekonomi untuk mengarahkan mahasiswanya untuk segera menyelesaikan skripsi. Oleh karena itu diselenggarakan kegiatan Tutorial Metodologi Penelitian kedua pada 26 Oktober 2019 yang diselenggarakan di Aula Gedung F lantai 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Bapak Dr.rer.pol. Wildan Syafitri , SE., ME. Beliau menekankan untuk setiap mahasiswa untuk menekankan menyelesaikan skripsi dengan baik dan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. “Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai”, sambil beliau menjelaskan mengenai problematika judul yang terkadang menghambat mahasiswa untuk memnyelesaikan studinya.

Materi pertama yang dibahas adalah membahas mengenai cara mencari dan memanfaatkan jurnal yang tersedia. Dibimbing langsung oleh Bapak Atu Bagus Wiguna, SE., ME. Pada sesi ini beliau menjelaskan tentang bagaimana pentingnya mengutip dan mempertimbangkan penelitian terdahulu yang sudah terverifikasi. Materi kedua dilanjuktan dengan pembahasan mengenai metode kuantitatif, kualitatif, dan mix method. Diisi oleh Ibu Yenny Kornitasari, SE., ME., beliau menjelaskan bahwa yang terpenting adalah bagaimana mahasiswa mampu mencari dan mengolah data  yang tersedia.

Acara diakhiri oleh jurusan dengan pembagian check list mata kuliah yang harus ditempuh dan pembagian kartu kendali bimbingan skripsi dan seminar proposal. Jurusan menegaskan untuk mengecek terlebih dahulu mata kuliah wajib agar tidak ada kendala lagi pada saat melakukan ujian komprehensif. Acara berakhir dengan pemberitahuan aka nada tutorial metodologi penelitian ketiga dan keempat untuk selanjutnya.

Nauval Fais
Nauval Fais
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan