Up grading PKM-GT oleh LSME Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

Job FAIR 2011
12 February 2011
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Universitas Brawijaya Dengan Perum Pegadaian Jakarta
23 February 2011

Rabu (16/02), Lingkar Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi (LSME) mengadakan Up grading PKM-GT  (Pekan Pekan Kreativitas Mahasiswa – Gagasan Tertulis). Acara yang merupakan penambahan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa dalam mengikuti lomba penulisan gagasan secara tertulis ini dilaksanakan di ruang A3 Fakultas Ekonomi tepat pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Acara yang diikuti oleh 39 mahasiswa Fakultas Ekonomi ini dihadiri oleh Nanang Suryadi, SE., MM selaku Pembantu Dekan III, dan juga Asfi Manzilati, SE., ME sebagai pembicara dalam pemberian Upgrading PKM-GT beserta Arga Ardi yuwono (Manajemen/07) peraih award young change makers oleh LSM Internasional Ashoka dan peraih medali emas PKM-GT 2010 sebagai senior yang akan memberikan tips sukses dalam mengikuti lomba karya tulis ilmiah antar mahasiswa.

Pada pokok bahasan pertama yang dibawakan oleh Asfi Manzilati, SE., ME mengulas tentang kunci sukses dalam mengikuti lomba karya tulis mulai dari proses penggalian ide, pembuatan gagasan tertulis hingga tata cara penyampaian dalam presentasi dan menghadapi dewan juri. Acara yang dilanjutkan dengan sharing tanya jawab dari peserta Up grading kepada pemateri terlihat bahwa banyak terjadi kesulitan disaat menyampaikan gagasan tertulis dalam presentasi dan menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri.

Rangkaian acara yang kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman saat mengikuti perlombaan karya tulis mahasiswa yang dibawakan oleh Arga Ardi Yuwono ini mengungkap bahwa ada tiga hal yang menjadi kunci keberhasilan dalam penulisan gagasan tertulis yaitu:

  1. Pada pencarian gagasan atau ide sebaiknya melihat permasalah yang ada terlebih dahulu barulah ide atau gagasan yang didapatkan tersebut mampu untuk menjadi solusi dari permasalahan yang menjadi latar belakang.
  2. Berpikir idealis sehingga gagasan secara tertulis tesebut mampu untuk diimplementasikan pada kehidupan secara nyata.
  3. Dan yang terakhir adalah memanfaatkan peran sebagai seorang mahasiswa yang dimana mahasiswa adalah agent change the world.

Untuk memberikan nilai lebih pada gagasan tertulis yang dibuat, hal yang perlu untuk diperhatikan adalah judul dan tampilan gagasan tertulis. Karena dengan judul yang unik dan menarik maka akan menimbulkan rasa penasaran bagi orang lain untuk membaca gagasan tertulis tersebut, dan jika dilengkapi tampilan yang menarik maka gagasan tertulis tersebut akan lebih mudah untuk dipahami dan diingat.

Harapan dengan diselenggarakannya Up-grading PKM-GT ini adalah “Agar karya ilmiah mahasiswa Fakultas Ekonomi benar-benar dalam keadaan matang untuk mengikuti lomba karya tulis yang ada, jadi tidak dalam keadaan mentah saat mengikuti lomba” ungkap Ridwan Prasetya (Akuntasi/08) selaku Ketua LSME.

(Nug/Yb)

Tinggalkan Balasan