<!–:en–>Upgrading Penelitian LSME 2015: Light Up Your World by Research<!–:–><!–:id–>Upgrading Penelitian LSME 2015: Light Up Your World by Research<!–:–>

<!–:en–>Public Speaking and Design Training LSME FEB UB<!–:–><!–:id–>Pelatihan Public Speaking dan Desain LSME FEB UB<!–:–>
21 May 2015
Tingkatkan Pemahaman Praktek Perpajakan, ICATAS FEB UB Bekerja Sama dengan DJP Selenggarakan Jelajah Pajak
21 May 2015

Upgrading Penelitian (UP) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga otonom di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yaitu Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME). Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan lebih kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya tentang cara melakukan penelitian yang baik dan benar. Kegiatan ini pada awalnya memang hanya diperuntukkan anggota internal LSME sajatetapisejaktahun 2015, UP diperuntukkan seluruh mahasiswa FEB yang tertarik di bidang penelitian. Kegiatan ini sebenarnya merupakan perwujudan Tujuan pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yaitu yang berilmu dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, disiplin, beretos kerja dan bertanggung jawab, produktif, serta sehat jasmani dan rohan serta menjalankan misi LSME untuk menciptakan suasana dan iklim ilmiah dengan berpijak pada nilai-nilai intelektual, religius, pengabdian dan kekeluargaan.

Upgrading Penelitian ini merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh Departemen Penelitian dan Penalaran (PnP) 2015. UP diselenggarakan menjadi 3 sesi. Sesi 1 dilaksanakan pada tanggal 18 April 2015, Sesi 2 dilaksanakan pada tanggal 19 April 2015, dan Sesi 3 dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015. Seluruh kegiata Upgrading Penelitian diselenggarakan di gedung A lantai 3.

Rangkaian kegiatan UP dimulai dari sesi 1 dan 2 yang merupakan sesi penyampaian materi dan sesi 3 yang merupakan sesi presentasi hasil penelitian. Sesi 1 UP merupakan pemberian materi berupa penelitian kualitatif yang materinya disampaikan oleh ibu Yenny Kornitasari, SE. Selanjutnya, pada sesi 2 peserta mendapatkan materi mengenai penelitian kuantitatif yang disampaikan oleh ibu Yeney W. Prihatiningtyas, M.Si., Ak. yang beliau merupakan seorang dosen jurusan akuntansi dan mengampu mata kuliah metodologi penelitian. Pada sesi 2 ini disampaikan pula pembagian kelompok untuk dilakukannya praktek melakukan penelitian dari seluruh materi penelitian yang telah dipaparkan. Bentuk tugas yang diberikan kepada peserta selanjutnya akan dipresentasikan pada sesi 3 dimana mereka diberikan tema bebas dan boleh memilih penelitian berupa kualitatif ataupun kuantitatif.

Pada sesi 3, seluruh peserta yang telah dibagi sesuai dengan kelompok menghadiri sesi ini dengan mengenakan dresscode standar marketing yang telah ditentukan panitia. Dewan juri pada sesi 3 ini adalah Dita Nurul Aini, Moh. Agung Setiawan, dan Afritasari Nurdianita. Pada sesi 3, peserta mempresentasikan hasil penelitian ilmiahnya di hadapan dewan juri. Kemudian, dewan juri menentukan tim terbaik yang penilaiannya berdasarkan hasil dari penelitian dan presentasi dari masing-masing tim.

Upgrading Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya untuk terbiasa melakukan penelitian. Bentuk penelitian ini dapat menjadi salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga menjadi dasar pelatihan bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan tugas skripsi yang menjadi prasyarat utama untuk lulus sehingga menjadi sarjana ekononi yang berkualitas. Secara khusus hal ini juga akan menjadi salah satu cara bagi anggota LSME untuk dapat meneliti sesuai dengan cita-cita dari LSME tersendiri.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan