VOICE OF THE DAY (VODAY) 2015 BEM FEB UB

Kadiksuh Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UB
15 December 2015
ASPIRATION CORNER DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS BRAWIJAYA UNIVERSITY
15 December 2015

Hari nasional ditujukan untuk memperingati suatu kejadian yang dirasa penting untuk diresapi. Namun sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman peringatan hari nasional hanya sekedar menjadi peringatan tanpa esensi. Sebagai mahasiswa yang merupakan agent of change dan social control bagi bangsa Indonesia, hal ini merupakan sesuatu yang perlu ditindak lanjuti. Namun kalangan mahasiswa sendiri juga tidak sedikit yang bersikap acuh kepada eksistensi dari hari nasional sehingga fungsinya tidak dapat dimaksimalisasi.

Sikap acuh, atau apatisme, tersebut pada akhirnya menggerus nilai-nilai yang dibawa oleh hari nasional. Oleh karena itu, kami selaku Departemen Kajian dan Aksi Startegi Divisi Aksi dan Propaganda Badan Eksekutif Mahasiswa  Fakultas Ekonomi dan Bisnis ingin mengurangi apatisme dan meningkatkan kepedulian mahasiswa serta masyarakat umum dalam rangka memperingati hari nasional. Untuk itu kami melakukan program kerja “Voice of the Day (Voday)” yang merupakan bentuk dari aksi damai untuk memperingati hari nasional.

Melalui aksi ini, kami berusaha membangkitkan peran mahasiswa dengan mengajak serta mahasiswa FEB UB untuk turut mengikuti rangkaian kegiatan yang disajikan kepada masyarakat umum. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membangkitkan kesadaran mahasiswa maupun masyarakat umum pada esensi dari hari-hari peringatan nasional. Voday pada tahun ini  dilaksanakan beberapa kali meliputi peringatan hari buruh, satu tahun Jokowi-JK, sumpah pemuda, hari pahlawan, hari anti korupsi, dan peringatan hari nasional lain-lainnya.

Kegiatan Voday pertama kali diselenggarakan untuk memperingati hari buruh atau yang lebih dikenal dengan May Day. Voday kali ini tidak hanya ditujukan pada mahasiswa tetapi juga masyarakat umum, maka kegiatan ini diselenggarakan di Car Free Day Ijen dengan aksi pembagian sticker dan orasi. Masyarakat juga dapat menuliskan harapan mereka kepada buruh pada banner. Kami berharap pekerjakan buruh layaknya manusia karena buruh bukanlah budak yang dibayar. Semoga kesejahteraan buruh di Indonesia akan lebih baik lagi.

Peringatan satu tahun menjabatnya presiden dan wakil presiden Indonesia dengan membagikan ice cream kepada seluruh mahasiswa yang telah memberikan suara terhadap kinerja Jokowi-JK di spanduk. Kegiatan peringatan #Jokow1Jkerja diselenggarakan di Basement Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dari pagi hari hingga sore hari. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Universitas Brawijaya apa saja yang sudah dicapai dan belum dicapai selama satu tahun Jokowi-JK kerja.

Pada tanggal 10 November, Voday diselenggarkan untuk memperingati hari pahlawan. Dalam Voday kali ini mengadakan “Heroes Day Challange” yaitu capture momen tentang pahlawan dan kepahlawanan dengan memberikan caption menarik melalui media sosial instagram akan mendapatkan hadiah menarik. Menjadi pahlawan di era sekarang tidak harus berjuang melawan penjajah. Menjadi pahlawan saat ini berarti menjadi bermanfaat untuk orang-orang di sekitar. Jadilah pahlawan masa kini, setiap orang bisa menjadi seorang pahlawan.

Voday terakhir dilakukan untuk memperingati hari anti korupsi. Persoalan korupsi bukan lagi sebagai persoalan suatu bangsa. Korupsi telah menjadi persoalan semua bangsa  dan negara di dunia. Masyarakat dunia beramai-ramai merayakan tanggal 9 Desember sebagai hari anti terhadap korupsi. Pesan dari kegiatan ini adalah semua dari kita berperan penting dalam mengatasi korupsi. Mari menjadi bagian dalam pemberantasan korupsi, dengan tidak menciptakan kesempatan sekecil apapun untuk melakukan korupsi, dimulai dari hal sepele.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan