Wisuda FEB Periode V Tahun Akademik 2013/2014 Diikuti oleh Angkatan Pertama Mahasiswa Program Bidik Misi

Kolokium Magister, Doktoral dan Workshop Metode Penelitian
28 February 2014
Laboratorium Konsultasi, Solusi Atasi Tugas Akhir Yang "Molor"
3 March 2014

Digulirkan sejak tahun 2010, akhirnya Program Bidik Misi mulai menghasilkan sejumlah mahasiswa berprestasi. Salah satunya adalah Angga Erlando, S.E. yang merupakan mahasiswa program Bidik Misi angkatan pertama. Walaupun tidak terlahir dari keluarga yang kaya dalam hal keuangan, namun semangatnya untuk melanjutkan studi sangatlah besar. Telah banyak prestasi yang Ia raih, salah satunya adalah Medali Emas dalam gelaran PIMNAS 2013.  Menariknya, setelah menyampaikan pesan dan kesan, salah satu kandidat Mahasiswa Berprestasi Universitas Brawijaya ini memberikan sebuah kenang-kenangan kepada Dekan FEB, Prof. Dr. Chandra Fajri Ananda, S.E., M.Sc.

Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Program Sarjana dan Pasca Sarjana Periode V Tahun Akademik 2013/2014 telah berlangsung pada hari Sabtu (1/3), bertempat di Basement Gedung E Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Diawali dengan pembukaan, kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan oleh Dr. Ghozali Maski, SE., MS. selaku Pembantu Dekan I. Dalam laporannya beliau pada tiap semester, FEB melakukan evaluasi. Sehingga lulusan dari FEB memang berkualitas karena telah melalui proses pembelajaran dan evaluasi yang cukup panjang.

Pada wisuda periode V kali ini, wisudawan wisudawati yang mendapatkan predikat cumlaude berjumlah 22 mahasiswa yang terdiri 3 orang dari S-1 Jurusan Ilmu Ekonomi, 16 orang dari S-1 Jurusan Manajemen, 1 orang dari S-1 Jurusan Akuntansi, dan 2 orang dari Program Pasca Sarjana FEB UB. Total lulusan FEB UB pada periode ini berjumlah 131 orang, terdiri dari 93 orang Strata-1, 22 orang Strata-2 dan 14 orang Strata-3.

Dalam gelaran wisuda, FEB memberikan penghargaan kepada wisudawan dan wisudawati peraih predikat Skripsi Terbaik. 3 orang wisudawan dan wisudawati FEB yang berhasil mendapatkan predikat tersebut yaitu Bunga Hidayati, SE. (Jurusan Ilmu Ekonomi) dengan judul “Peran Modal Sosial pada Kontrak Pinjaman Bank Thithil dan Implikasinya Keberlansungan Usaha (Studi pada Pasar Blimbing Kota Malang)” dengan dosen pembimbing Dr. Asfi Manzilati, SE., ME.; Lovina Bimantari, SE. (Jurusan Manajemen) dengan judul ”Penerapan Equal Employment Opportunity Berdasarkan Ratifikasi Konvensi ILO No. 111 Terhadap Penghapusan Diskriminasi Gender (Studi Kasus pada Bank X Cabang Kediri” dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Armanu, SE., M.Sc. ; Marisca Dwitari, SE. (Jurusan Akuntansi) dengan judul “Faktor Determinan Minat Individu Menggunakan M-Commerce : Technology Acceptance Model (TAM) yang Dimodifikasi”, dengan dosen pembimbing Dr. Zaki Baridwan, M.Si., Ak.

Setelah pemberian penghargaan kepada para wisudawan dan wisudawati, acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan wisudawan dan wisudawati. Program Sarjana diwakili oleh Angga Erlando, SE. , sedangkan dari Program Pasca Sarjana diwakili oleh Latifah Hanum, SE., MSA. Mereka berdua mewakili para peserta wisuda untuk menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh pimpinan, dosen, staff dan pihak penunjang kegiatan pembelajaran di FEB UB yang telah menghantarkan proses pendidikan mereka hingga lulus. Karena kegiatan perkuliahan dapat terlaksana berkat sinergisitas seluruh elemen di FEB.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Dekan FEB, “Negara yang Sumber Daya Alamnya kurang, lebih mengembangkan Sumber Daya Manusianya” ujar  Beliau. Salah satu indikasi kemajuan suatu bangsa adalah kualitas Sumber Daya Manusia mereka. Kendati Sumber Daya Alam Indonesia melimpah, Sumber Daya Manusia Indonesia juga masih perlu lebih ditingkatkan lagi, guna mengoptimalisasi pengelolaan Sumber Daya Alam yang akan berdampak lebih positif lagi. Terlebih lagi pada tahun 2015 akan segera diberlakukan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) atau dapat juga disebut AEC (Asean Economic Community). Persaingan pada bidang ekonomi, terutama dunia kerja akan semakin ketat. “Kita harus menghasilkan sarjana dengan kompetensi yang komplit”, tegas Beliau.

Kendati telah memiliki daya saing global, Kita juga wajib mempertahankan sejumlah budaya lokal yang bersifat positif. Bagaimanapun juga, jangan sampai kehilangan jati diri sebagai seorang Bangsa Indonesia. Sejumlah standar memang diterapkan agar para Mahasiswa lebih siap bersaing di dunia kerja, baik sebagai Pegawai maupun Entrepreneur. Selain dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing global, hal ini juga merupakan konsekuensi bagi FEB yang telah mendapatkan Akreditasi Internasional dan telah bergabung dalam organisasi sekolah bisnis berskala internasional.

Dekan FEB juga mengingatkan bahwa dunia senantiasa berubah, sehingga para mahasiswa walaupun telah menyelesaikan studinya di Perguruan Tinggi, harus tetap menjadi manusia pembelajar. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Doa, yang disusul dengan pemberian selamat kepada para wisudawan oleh jajaran pimpinan Fakultas dan Jurusan. Setelah itu, kembali berlanjut dengan penutup dan ramah tamah. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan