Wow, Tim FEB UB Raih Juara 1 dalam Ajang Smart Accounting Competition di UNY

Islamic Children’s Character Building (ICCB) Membentuk Karakter dan Pribadi Muslim Melalui Pendidikan Qur’ani
25 November 2019
Departmen Advokesma
26 November 2019

MALANG – Tim yang beranggotakan Alfilailatul Hasnah (Akuntansi 2017), I Gede Arie Suarjana (Akuntansi 2017), dan Muhammad Wildan Rohmatullah (Akuntansi 2017) berhasil meraih gelar Juara 1 dalam ajang Smart Accounting Competition di Universitas Negeri Yogyakarta.
Kompetisi yang berlangsung selama tiga hari, Jum’at-Minggu (15/11/2019-17/11/2019) ini merupakan olimpiade Akuntansi tingkat nasional yang diadakan oleh Jurusan Pendidikan Akuntansi UNY.
Laki-laki yang kerap disapa Arie menceritakan bahwa rangkaian awal yang timnya ikuti adalah Preliminary Online Test. “Saat itu kami berada di posisi pertama dan berhasil mengungguli sekitar 70-an universitas lainnya. Kemudian 20 tim terbaik akan menghadiri main event di FEB UNY”paparnya.
Main event terdiri dari Technical Meeting, babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Arie menceritakan bahwa pada babak penyisihan, tim berhasil menduduki peringkat pertama kembali. 5 Tim dengan nilai tertinggi akan maju ke tahap semi final.
Pada tahap semifinal, tim diminta mengerjakan soal uraian secara berkelompok. Saat itu tim FEB UB merasa kesulitan karena materi yang diujikan merupakan mata kuliah yang belum ditempuh, namun mereka berhasil menduduki peringkat ke 3 pada tahap ini. 3 tim terbaik dapat maju ke tahap final.
Pada babak final, terdapat sesi cerdas cermat dan dilanjutkan dengan presentasi terkait penerapan green accounting dalam dunia bisnis. “Pada sesi cerdas cermat, tim kami berhasil mengungguli 2 tim lainnya yaitu Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Semarang. Pada sesi presentasi nilai kami kembali mengungguli tim lainnya sehingga kami pada akhirnya dapat menjadi juara 1″papar Arie.
Arie dan tim merasa sangat senang atas pencapaian ini. “Perasaannya senang banget, secara ini udah lomba ke 7 kami dan merasa bahwa usaha kami akhirnya tidak sia sia”ujarnya. Arie dan tim berharap kedepannya lebih sering ikut lomba dan diimbangi dengan prestasi lainnya.
“Saya juga punya harapan bahwa yang dapat mengikuti perlombaan Akuntansi bukan cuma segelintir mahasiswa aja, tapi bisa seluruh mahasiswa akuntansi FEB UB ikut termotivasi sehingga nama kampus bisa jadi lebih dikenal lagi”ujar Arie.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya